Jumat, 04 Mei 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan Hal 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  I (Satu)
Semester                      :  I (Satu)


Bab 1

Kompetensi Dasar                      
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.

Indikator
1.      Mengidentifikasi cara-cara hidup rukun   di rumah dan di sekolah.
2.      Mengidentifikasi cara-cara hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah.

Alokasi Waktu                                      :        2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara hidup rukun di rumah dan di sekolah.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara hidup tidak rukun di rumah dan di sekolah.

B.   Materi Ajar
Contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelas.
4.   Tanya jawab.
5.   Ceramah.
6.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan  apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
c)   Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang makan apa saja di rumah, berapa kali makan dalam satu hari, apakah makanan sudah memenuhi empat sehat lima sempurna, dsb.

2.   Kegiatan Inti
a)      Mengenalkan beberapa contoh cara hidup rukun dalam keluarga dengan juga meminta siswa untuk mengamati gambar di halaman 13 dan 14 tentang kerukunan keluarga Dina.
·         Gambar Keluarga (Ayah, Ibu dan 3 anak) sedang makan  bersama.
·         Gambar Keluarga yang bekerja bersama membereskan alat-alat makan.
·         Gambar keluarga waktu santai
b)      Bertanya jawab tentang apa akibat nya jika tidak mau bekerja sama di rumah.
·         Semua siswa diajak bertanya jawab sambil membuat kesimpulan.

3.  Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.   Gambar keluarga yang bekerja bersama saling membantu (rukun).
2.   Gambar keluarga yang tidak bekerja sama saling membantu (tidak rukun).
3.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 13-17.
4.   Orang tua.
5.   Teman.
6.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.   Penilaian 
              
               Teknik                                     :           tugas individu.
Bentuk Instrumen                   :           penilaian lisan.
Contoh Instrumen                   :          
Sebutkan macam-macam contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah.
                                                      

                                    __________,  _____________________

                Mengetahui,                                            
       
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                    _______________________
  NIP.                                                                          NIP.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More