Kamis, 10 Mei 2012

Contoh REncana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II Semester I Hal 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : SD
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : II
Semester                                 : I


BAB  II
Standar Kompetensi
Menampilkan sikap cinta lingkungan

Kompetensi dasar
Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan

Indikator
1.      Menjelaskan bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2.      Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
3.      Mengidentifikasi tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha esa
4.      Menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan, tumbuhan)
5.      Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
6.      Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar

Alokasi Waktu                     :  2  x 35 menit ( 1  kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan bahwa manusia ciptaan tuhan yang maha esa
  2. Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
  3. Siswa dapat mengidentifikasi tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan tuhan yang maha esa
  4. Siswa dapat menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan, tumbuhan)
  5. Siswa dapat menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
  6. Siswa dapat mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar

B. Materi Ajar
  1. Dunia Kita
  2. Manusia dan Alam lingkungannya
  3. Menjaga Lingkungan
C. Pendekatan Dan Metode pembelajaran
  1. Pendekatan kontekstual
  2. Pendekatan Cooperatif Learning
  3. Diskusi dengan teman sebangku
  4. Tanya jawab
  5. Ceramah
  6. Penugasan

D. Langkah-langkah kegiatan
            Pertemuan pertama
            1. kegiatan awal
a.      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk memulai pelajaran
b.      Melakukan apersepsi tentang alam sekitar dengan sama-sama menyanyikan lagu Lihat Kebunku atau Pelangi-Pelangi
c.      Memberikan pengertian pada siswa bahwa semua yang ada di alam ini adalah ciptaan Tuhan
            2. kegiatan inti
a.      Siswa mengamati gambar tentang dunia sekitar pada halaman 24. kemudian guru memberikan penjelasan tentang dunia sekitar seperti, apa yang di maksud dengan dunia kita, apa saja yang ada di dunia, dan siapa yang menciptakan dunia.
b.      Mengadakan tanya jawab tentang manusia ciptaan tuhan. Misalnya:
Untuk apa manusia di ciptakan?
Bagaimana seharusnya sikap manusia terhadap penciptanya?
Bolehkah manusia merusak ciptaan tuhan yang lain?
Apa akibatnya?
c.      Siswa memperahtikan bacaan pada halaman 25-27. Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca bacaan pada halaman tersebut. Kemudian guru menerangkan pentingnya hutan bagi kehidupan manusia dan hewan di bumi.
d.     Melakukan tanya jawab, tentang materi yang telah di sampaikan misalnya,
Tinggal dimana sepupu Dina?
Kota Pontianak di lalui oleh sungai apa?
Apa yang dilihat Ari dan Ida di hutan?
Apa akibat jika hutan rusak?
e.      Guru melakukan diskusi di kelas membahas manusia sebagai mahluk individu sekaligus mahkluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan makhluk lain untuk  dapat hidup. Manusia membutuhkan hewan sebagai bahan makanan, alat transportasi, alat keamanan. Manusia membutuhkan tumbuhan sebagai bahan makanan, bahan membuat tempat tinggal, dan lain-lain.
f.       Guru menunjuk salah satu siswa untuk membacakan wacana pada halaman 29, sedangkan yang lainnya menyimak bacaan yang sedang di baca oleh temannya. Kemudian guru menjelaskan bagaimana caranya siswa dapat ikut serta memelihara lingkungan sekitar. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, menanam tanaman hias atau tanaman apotek hidup di lahan-lahan yang kosong di sekitar rumah atau sekolah. Serta tidak menyakiti hewan.
g.      Selain itu guru juga dapat menerangkan kepada siswa bahwa dalam menjaga lingkungan manusia harus saling membantu. Dengan mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan.
h.     Guru meminta salah satu murid untuk maju kedepan kelas dan menceritakan kembali bagaimana caranya kakek Dina memelihara lingkungan. Dan melakukan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan. Misalnya:
Dimana Dina, Dito, dan Didi mandi?
Mengapa bi Surti membuang sampah di kali?
Dimana kakek membuang sampah?
Apa manfaatnya dari membuang sampah dengan menimbunnya di tanah?   
i.       Untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku paket Pkn pada halaman 40-42                  
            3. kegiatan penutup
a.      Bersama seluruh siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
b.      Melakukan tanya jawab ulang tentang materi yang telah di ajarkan
c.      Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing


E. Sumber Bahan Ajar
a.      Gambar tentang alam sekitar ciptaan Tuhan
b.      Gambar tentang lingkungan hutan dan hewan
c.      Gambar tentang lingkungan kota yang sudah banyak polusi
d.     Buku paket ( Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.pd) hal 24-42.
e.      Orang tua
f.       Lingkungan
g.      Teman

F. Penilaian
Teknik                                    : Tugas Individu
Bentuk Instrumen     : Penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercarita)
Contoh Instrumen    : semua mahluk di bumi adalah ciptaan .....
                                    Manusia, hewan, dan tumbuhan saling .....
Manusia tidak dapat hidup ........, karena manusia adalah makhluk ......
                                    Manusia ........ oranglain untuk menjaga ........



.                                                                                                                                                    .......,.....................................
Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran Pkn



...........................                                                           ...........................................
NIP                                                                                     NIP                                           


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More