Minggu, 15 April 2012

Tahap Pertumbuhan Janin (Penjelasan tahap awal hingga akhir)




Tahap Pertumbuhan Janin

Pertumbuhan janin dalam ovarim berlangsung dengan cara yang manusia tak selalu dapat memahaminya. Dari penyatuan zygote, perkembangbiakan sel-sel hingga pembentukan organ tak satupun yang terlepas dari proses rumit yang Allah rahasiakan ilmunya. Manusia hanya mengamati dengan penuh takjub, lalu memberikan analisis deskriptif. Manusia hanya memberitakan proses perkembangannya `seperti itu’, dan tetap kesulitan untuk menjawab ‘mengapa’ janin berkembang `seperti itu’.


Evelyn Pearce, seorang pakar anatomi fisiologi menyatakan kekagumannya terhadap proses yang terjadi dalam organ reproduksi ini. la mengakui bahwa sel reproduksi ini digerakkan menuju daerah tepat seperti yang telah ditentukan, merupakan rahasia agung dan indah.

Dari awal terbentuk hingga menjelang kelahiran, proses yang terjadi dalam rahim adalah sebagai berikut:

1. Hari pertama (saat konsepsi)
Pertama-tama manusia berbentuk satu sel yang ukurannya sangat kecil sehingga seberapapun tebal kacamata Anda tetap kesulitan melihatnya. Ukuran ini mikroskopis sehingga hanya dengan mikroskop Anda dapat mengamatinya.

Pada saat hubungan badan antara ayah dan Ibu terjadi, sel sperma ayah yang jumlahnya ribuan itu berusaha masuk ke dalam rahim. Jika pada saat itu kesuburan Ibu mencapai puncaknya (sel telur sedang matang) maka salah satu sel sperma atau spermatozoon akan membuahi sel telur ini. Sel telur yang baru saja dibuahi ini sering disebut zygote, masih berupa setitik sel yang amat kecil.

Perpaduan sel ini kemudian berkembang biak yang akhirnya menyebabkan peristiwa alami berupa pembangunan sebuah tubuh dari beberapa molekul protein, karbohidrat dan senyawa lainnya. Pada kedua sel orang tua juga dimulai proses penentuan sifat keturunan.

Ketika sel ini berproses, berkembang dan bersenyawa dalam rahim, sang Ibu tidak dapat merasakannya apalagi mengamatinya. Oleh sebab itu, kita tak pernah mengetahui dengan tepat saat hubungan seksual yang mana pembuahan itu terjadi. Yang diketahui hanya terlambat menstruasi di akhir siklus.

Hari kedua, ketiga, dan beberapa hari berikutnya sel ini tak ubahnya masih seperti sebuah titik lembut yang lunak dan sangat lemah. lnilah awal terbentuknya manusia. Titik kecil inilah bakal makhluk yang sekarang membantai muslimin Palestina dengan angkuhnya.

2. Usia satu minggu
Sel zygote hasil perpaduan sperma dan ovum pada usia satu minggu sudah berkembang menjadi lebih dari seratus sel. Namun, sel ini masih lebih kecil daripada sebuah titik dan diselimuti oleh membran pellucida, yang masih sama dengan melindungi telur, hanya sedikit lebih renggang.

Rahim telah siap menerima sekumpulan sel ini. Sel-sel yang lebih besar menghasilkan embrio yang merupakan calon si janin. Untuk persiapan ini, sel-sel besar mengembangkan diri sehingga menghasilkan lapis-lapis sel-sel khusus untuk pembentukan organ tubuh. Lapis pertama berfungsi dalam pembentukan otak, pembentukan sumsum belakang, saraf, dan kulit. Ada pula lapisan lain yang kelak akan menjadi dasar pembentukan alat pencernaan, hati dan pankreas. Lapis ketiga membentuk rangka tulang, jantung, sistem pembuluh darah, dan otot.

Jika dilihat dengan mata biasa melalui pembesar, mungkin bakal bayi ini akan nampak seperti gelembung-gelembung kecil yang bening di atas dasar berwarna merah. Warna merah pada dinding uterus ini adalah luka ringan uterus yang disebabkan oleh masuknya gelembung itu ke jaringan ibu. Saat minggu pertama akan berakhir jaringan ini akan disertai dengan penutupan gelembung yang masuk itu dengan selimut serupa kapsul yang terbentuk atas banyak sel. Dalam kapsul ini gelembung semakin terlindung.

Sekarang mulailah perkembangan pesat terjadi dalam kapsul itu; kumpulan sel membesar dan setiap jam berubah semakin jelas membentuk gambaran-gambaran organ tubuh manusia.

3. Bulan awal
Hari kesembilan kelompok sel telah menjadi embrio. Sel yang ratusan jumlahnya ini kemudian berkembang menjadi beribu-ribu dalam bentuk alat tubuh manusia yang beraneka. Setiap jenis sel memiliki tempat tertentu dalam untuk proses perkembangan tertentu pula, misalnya tempat pemunculan lengan, kaki, dan sebagainya dengan ukuran yang masih sangat kecil.

Akhir bulan pertama kelengkapan tubuh embrio sudah dapat dikenali. Memiliki dasar kepala dengan dasar permulaan mata dan telinga, mulut dan otak yang telah menunjukkan ciri khas manusia, dan ginjal meskipun masih sederhana. Jantung yang masih sederhana akan mulai berdenyut enampuluh lima kali tiap menit untuk mengedarkan darah yang baru saja dibentuk. Darah ini beredar dengan sirkulasi yang sudah terpisah dari sirkulasi ibunya. Namun demikian, ukurannya hanya sekitar empat milimeter (kira-kira seukuran sebutir beras), dengan tekstur lunak seperti gel. Makhluk serupa gel mungil inilah yang kemudian menjadi Jendral Sudirman, Aa Gym, Yusuf Qardawy, BJ Habibie, dan Anda. Subhanallah.

4. Memasuki bulan kedua
Sebelum dua bulan, kira-kira tujuh pekan embrio ini sudah memperlihatkan bentuk tubuhnya dengan semua organ dari badan orang dewasa. Namun ukurannya masih sangat kecil juga (kira-kira panjangnya dua centimeter dan beratnya satu gram). Wajah sudah membentuk wajah manusia yang dilengkapi dengan mata, telinga, hidung, dan lidah. Tubuhnya semakin memadat yang berupa bantalan otot dan berlapis kulit yang sangat halus. Lengannya sangat kecil, telah memiliki tangan dan jari-jari serta Ibu jari. Kakinya sudah memiliki lutut, tapak kaki, dan jari kaki yang panjangnya sudah dapat dibedakan antara jari satu dengan lainnya. Organ-organ ini sudah bekerja sebagaimana manusia.

Otak embrio secara garis besar telah mirip dengan otak dewasa yang dapat menyiarkan stimulus dan mengatur kordinasi alat tubuh lain. Denyut jantung menguat dan perutnya telah menghasilkan sedikit getah lambung. Meskipun sedikit, otot pada lengan sudah dapat bergerak.

Selanjutnya, jika embrio ini tidak terganggu oleh kekurangan gizi ibunya, konsumsi yang mengandung racun, atau gerakan ekstrem maka ia akan tumbuh melanjutkan bakal organ yang sudah lengkap itu. Namun, sayang sekali banyak Ibu yang tidak tahu akan tahap perkembangan sampai di sini. Banyak Ibu yang menuruti hawa nafsunya dengan ngidam makanan nyeleneh (padahal tidak balk bagi embrio), banyak suami yang tak mau berhenti merokok di dekat isterinya yang hamil.

Ini adalah saat kritis embrio akan berkembang pesat, maka Ibu harus ekstra hati-hati.

5. Memasuki bulan ketiga
Berat janin saat memasuki bulan ketiga adalah sekitar 30 gram. Di akhir bulan ketiga ia sudah mampu aktif mendorong-dorong dengan kakinya, memutar-mutar telapak kakinya, membengkok dan merentangkan jejarinya, membuat kepalan, mengerutkan dahi dan mengatupkan bibir Tetapi gerakan ini belum dapat dirasakan oleh ibunya.

Dalam minggu keenam dan ketujuh saraf dan otot mulai bekerjasama. Daerah bibir terlebih dahulu dapat merasakan sentuhan. Minggu keduabelas sang janin telah memiliki banyak ketrampilan baru: menggerakkan jempol berlawanan dengan jari-jari, belajar menelan, dan mengangkat sedikit bibir atasnya. la sudah dapat memalingkan muka jika ada stimulus yang dikenakan padanya. Gerakan-gerakan ini lebih bersifat menolak, bukan menyambut.

Akhir bulan ketiga janin telah memperlihatkan tingkah laku yang menunjukkan tingkah laku yang sangat pribadi. Ini terjadi sesuai dengan strukturotot pembentuknya yang bisa berbeda dengan janin yang dikandung oleh Ibu lain. Ekspresi wajah sudah dapat diidentifikasi kemiripannya dengan orang tuanya.

Jika keadaan rahim normal, tingkah laku janin ini akan sangat ditentukan oleh faktor genetika dari orang tuanya. Namun alat-alat tubuh saat prenatal (sebelum kelahiran) dapat juga berubah disebabkan oleh makanan atau penyakit sang ibu. Jika perubahan ini terjadi pada saat perkembangan saraf dan otot janin masih sangat muda, maka tingkah laku janin akan berubah dan tidak dapat diluruskan lagi.

Pita suara pada usia ini sudah terbentuk di tenggorokannya. Namun, karena tidak ada udara maka tak akan pernah terdengar ia menangis padahal kemungkinan ia sudah mampu melakukannya.

6. Memasuki bulan keempat
Ukuran bayi di bulan keempat kira-kira 16 centimeter dengan berat sekitar 180 gram.

Pertumbuhannya semakin hebat sehingga memerlukan nutrisi yang banyak pula. Nutrisi ini diambil dari plasenta (saluran tali pusar) yang menyambung dengan ibunya. Fungsi plasenta ini serba guna; menjalankan bermacam fungsi sekaligus yaitu berfungsi sebagai paru-paru bagi janin, ginjal, usus, hati, dan kelenjar hormon. Plasenta juga berperan dalam menjauhkan janin dari berbagai macam penyakit (sebagai imun).

Pada periode ini perut sudah mulai membesar sehingga Ibu benar-benar nampak hamil.

7. Bulan kelima sampai keenam
Saat ini janin telah berukuran sekitar duapuluh lima centimeter dengan berat hampir setengah kilogram. Saat ini pula rambut, alis, dan bulu mata mulai bermunculan. Sebulan kemudian rambut kepala sudah lengkap. Di dekat ujung jari tangan dan ujung jari kaki timbullah kuku (sampai bulan kedelapan nanti kuku-kuku ini sudah menonjol secara sempurna).

Bulan kelima jantung janin sudah sangat kuat dan dapat didengar dari perut ibu dengan menggunakan stetoskop. Karena perkembangan otot-ototnya semakin kuat dan sempurna, gerakan bayi semakin terasa oleh ibu. Oleh sebab itu biasanya si Ibu biasanya pertama kali merasakan gerakan janinnya pada bulan keempat atau kelima. Jika pada bulan ini gerakan belum terasa, maka harus dikonsultasikan ke dokter spesialis. Tak lama lagi gerakan ini lebih terasa lagi dengan arah gerak mendorong atau memutar. Jika diperhatikan dengan seksama, akan dapat dibedakan mana gerakan tangan, kepala atau gerakan kaki. Kadang Ibu akan merasakan gerakan ketukan lembut beberapa menit lamanya. Ini mungkin janin sedang cegukan dalam rahim.

Masa tidur bayi pada usia ini lamanya hampir sama dengan tidur bayi yang terlahir. Saat tidur janin akan mengambil posisi atau sikap khas yang paling disukainya. Posisi atau sikap ini berbeda-beda antara janin satu dengan janin lainnya.

Tinggi janin bertambah lima centimeter lagi pada bulan keenam (sehingga kini menjadi tiga puluh centimeter) dan beratnya menjadi sekitar delapan ratus gram. Kelopak mata sudah bisa digerak-gerakkan membuka dan menutup, bola mata belajar melirik ke kiri dan kanan, atas dan bawah. Jika ada udara, sebenarnya paru-paru janin ini sudah bisa berfungsi sehingga jika dalam kasus kehamilan tertentu dokter berani mengeluarkan janin ini dengan kelahiran prematur. Namun, pernapasan ini masih lemah sehingga ketika dilahirkan secara prematur, dokter akan menyimpan bayi dalam conveuse yang didesain untuk bayi-bayi darurat ini.

8. Bulan ketujuh, sampai kesembilan.
Rahim ibunda semakin sesak pada bulan-bulan ini. Bulan ketujuh rambut kepala sudah sempurna dan lanugo (bulu-bulu lembut pelindung kulit) sudah mulai lepas. Si kecil sudah mulai belajar mengisap Ibu jari. Kebiasaan ini kadang terbawa sampai lahir. Pada bulan ini berat bayi bertambah sekitar satu kilogram karena terbentuknya lapisan lemak sebagai pelindung untuk memelihara badan dari suhu ekstrem di luar nanti. Pada saat ini Ibu biasanya diperingatkan untuk menjaga menu makanan agar tidak terlalu banyak tetapi teratur dan seimbang. Sebab jika makan terlalu banyak, terutama makanan tinggi kalori dan protein, si janin akan kegemukan dan berat lahir melebihi normal.

Menjelang akhir bulan ketujuh kebanyakan bayi telah mencapai berat yang oleh dokter telah dianggap layak hidup di luar, meski harus dibantu dengan alat khusus. Mengapa? Karena bayi yang terlahir dalam hitungan bulan belum lengkap berarti belum memiliki lapisan lemak pelindung suhu udara. la sangat peka dengan perubahan suhu kamar.

Memasuki bulan ke delapan sampai kesembilan bayi sudah semakin besar dan gerakan mengambil posisi sudah semakin akurat dilakukan. Saat ini ruang dalam rahim benar-benar sudah sesak sehingga ketika tangan atau kaki bayi bergerak-gerak, dari luar perut Ibu akan nampak tonjolan-tonjolan yang bergerak-gerak pula. Tonjolan ini jika diraba akan mudah dikenali apakah yang bergerak itu tangan, kaki, atau kepala. Rabaan tangan ke dinding rahim atau tendangan kaki terasa dengan jelas.

Pertumbuhan bayi akan melambat atau bahkan berhenti sekitar tujuh hari menjelang jadwal kelahiran normalnya. Ini terjadi karena suplai makanan dari plasenta Ibu sudah terhenti disebabkan sudah semakin rusak. lni pertanda bahwa bayi sudah dipersiapkan untuk keluar dan hidup mandiri. Peristiwa ini dapat diibaratkan dengan buah yang telah masak pohon. Buah ini akan berhenti pertumbuhannya karena suplai makanan dari pohon sudah terhenti disebabkan tangkai buah semakin rusak dan akhirnya buah harus jatuh ke tanah. Ini pertanda bahwa biji dalam buah sudah siap untuk tumbuh mandiri.

Karena plasenta rusak maka tatanan hormon Ibu juga berubah. Perubahan ini menyebabkan rasa sakit, pegal-pegal atau atau agak panas pada otot pinggang, otot perut, dan sekitarnya. Nah, rasa inilah yang disebut ‘mules’ dalam bahasa lokal, atau ‘his’ dalam bahasa kedokteran. Kejadian ini berlangsung demikian akurat dan dengan perhitungan waktu alamiah yang tepat sehingga dapat diukur atau direkam dengan alat (misalnya dengan Ectocardiograph). Jadwalnya dapat ditaksir dengan angka, yaitu pada hari ke duaratus enampuluh satu sampai duaratus tujuh puluh satu.

Ingin tau apa kata Zodiak dan Shio tentang kamu...??
  • Yuk klik disini

  • CARI TAU YUK ARTI MIMPI KAMU SEMALAM klik Arti Mimpi

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More