DEFINISI
BIAYA
Biaya adalah
semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang
dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah
terjadi
maupun yang akan terjadi. Biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya
eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara
fisik, misalnya berupa uang. Sementara itu, yang dimaksud dengan biaya implisit
adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan
penyusutan barang modal. (Wikipedia)
Biaya
akuntansi dan biaya kesempatan
Dalam
akuntansi, yang dimaksud dengan biaya adalah aliran sumberdaya yang dihitung
dalam satuan moneter yang dikeluarkan untuk membeli atau membayar persediaan,
jasa, tenaga kerja, produk, peralatan, dan barang lainnya yang digunakan untuk
keperluan bisnis atau kepentingan lainnya. Sementara biaya kesempatan merujuk
pada setiap alternatif yang dikorbankan untuk melakukan pekerjaan lain yang
lebih bernilai. Misalnya, seorang guru dibayar sebesar Rp. 500.000 per bulan.
Jika kemudian ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan mencoba berwirausaha,
maka ia akan kehilangan pekerjaannya sebagai guru dan mengorbankan kesempatan
mendapatkan gaji Rp. 500.000. Dapat disimpulkan bahwa—bagi guru itu—biaya
kesempatan untuk menjadi wirausahawan adalah Rp. 500.000 per bulan.
Tugas akuntan
adalah mencatat aliran uang yang keluar masuk dan keluar dari organisasi.
karenanya, seorang akuntan—berbeda dengan ekonom—tidak menghitung biaya
kesempatan karena pada kenyataannya tidak ada sepersenpun uang yang keluar dari
pengorbanan itu, yang hilang hanya kesempatan. (Wikipedia)
Beban (expense) adalah biaya yang
dibebankan (matched) dengan pendapatan (revenue) dalam suatu periode akuntansi.
Obyek Biaya (Cost Object) adalah unit atau
aktivitas dimana biaya diakumulasikan dan diukur. Unit atau aktivitas itu dapat
berupa: produk, order, departemen, divisi, proyek.
Traceability
of Cost to Cost Object menghasilkan:
Direct Cost (Biaya langsung)
Indirect Cost (Biaya tidak langsung)
KLASIFIKASI
BIAYA
Biaya
Pabrikasi/Manufacturing Cost diklasifikasikan dalam:
Bahan Langsung (Direct Material).
Tenaga Kerja Langsung (Direct Labor).
Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead)
yaitu biaya selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung.
Biaya
Non-pabrikasi/Commercial Expenses diklasifikasikan dalam:
Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan
untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
Biaya Administrasi yaitu biaya yang
dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
Prime Cost
(Biaya Utama) adalah jumlah bahan langsung dan tenaga kerja langsung
Conversion
Cost (Biaya Konversi) adalah jumlah tenaga kerja langsung dan overhead pabrik
Volume
Produksi diklasifikasikan dalam:
Biaya Variabel yaitu biaya yang berubah
secara proporsional sesuai dengan volume kegiatan.
Biaya Tetap yaitu biaya yang tidak berubah
karena perubahan volume kegiatan dalam rentang yang relevan
Biaya Campuran yaitu biaya yang mempunyai
komponen variable dan tetap
Departemen
diklasifikasikan dalam:
Common Cost (Biaya bersama) yaitu biaya
yang berasal dari penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau
lebih.
Joint Cost (Biaya Gabungan) yaitu biaya
yang terjadi dalam proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produk
jadi.
Periode
Akuntansi diklasifikasikan dalam:
Capital Expenditure (Belanja Modal) yaitu
biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat lebih dari satu periode
akuntansi.
Revenue Expenditure (Pengeluaran
Pendapatan) yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh manfaat pada periode
akuntansi yang sama dan dicatat sebagai beban.
Pengambilan
Keputusan, Pelaksanaan, dan Evaluasi diklasifikasikan dalam:
Differential /Marginal/Incremental Cost
yaitu perubahan biaya sebagai akibat pemilihan alternatif tindakan tertentu.
Opportunity Cost (Biaya kesempatan) yaitu
pendapatan/manfaat yang hilang apabila alternatif tertentu dipilih
Sunk Cost yaitu biaya yang telah
dikeluarkan dan ternyata tidak relevan dengan keputusan
Avoidable dan Unavoidable Cost
Controllable/Uncontrollable Cost
0 komentar:
Posting Komentar