Makalah
Informasi Akuntansi ini membahas mengenai Analisis sistem (system analisis)
yang merupakan penguraian dari sistem informasi yang utuh ke dalam
bagian-bagian
komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan
mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan,
hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga
dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Tahap
analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem (system planning)
dan sebelum tahap desaian sistem (sistem design). Tahap analisis merupakan
tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan
menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya.
LANGKAH-LANGKAH
ANALISIS SISTEM
Identify, yaitu mengidentifikasi masalah
Understand, yaitu memahami kerja dari
sistem yang ada
Analyze, yaitu menganalisis sistem
Report, yaitu membuat laporan hasil
analisis
MENGIDENTIFIKASI
MASALAH (LANGKAH 1)
Tugas-tugas dalam mengidentifikasi masalah
Mengidentifikasi Penyebab Masalah
Mengidentifikasi Titik Keputusan
Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
MEMAHAMI
KERJA DARI SISTEM YANG ADA (LANGKAH 2)
Menentukan Jenis Penelitian.Meliputi:
wawancara, observasi, daftar pertanyaan, pengambilan sampel
Merencanakan Jadual Penelitian (Who, When,
Where, What, How)
Mengatur Jadual Wawancara
Mengatur Jadual Observasi
Mengatur Jadual Pengambilan Sampel
Membuat Penugasan Penelitian
Membuat Agenda Wawancara
Mengumpulkan Hasil Penelitian
MENGANALISIS
HASIL PENELITIAN
Menganalisis Kelemahan Sistem
Menganalisis Distribusi Pekerjaan
Menganalisis Pengukuran Pekerjaan
Menganalisis Keandalan
Menganalisis Dokumen
Menganalisis Laporan
Menganalisis Teknologi
Menganalisis Kebutuhan Informasi
Pemakai/Manajemen , Walaupun menganalisis kelemahan-kelemahan dan
permasalahan-permasalahan yang terjadi merupakan tugas yang perlu, tetapi tugas
ini saja belum cukup. Tugas lain dari analis sistem yaitu menyediakan informasi
yang dibutuhkan bagi para pemakainya
MEMBUAT
LAPORAN HASIL ANALISIS
Setelah
proses analisis sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya adalah membuat
laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan ke steering committee yang
seterusnya diserahkan ke manajemen
Tujuan utama
penyerahan laporan ke manajemen
Bahwa analisis telah selesai dilakukan
Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa
yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai
menurut manajemen
Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran
dari pihak manajemen
Meminta persetujuan kepada pihak manajemen
untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap desain
sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi).
0 komentar:
Posting Komentar