Kamis, 29 Maret 2012

Tujuan pendidikan program Diploma III Keperawatan dan Ners




Tujuan pendidikan program Diploma III Keperawatan dan Ners

Proses pembelajaran memandirikan peserta didik sebagai komunitas belajar. Kompetensi yang dibangun sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan (daya saing), melengkapi sumber daya pendidikan terutama staf akademik, rumah sakit pendidikan, dan lahan praktik keperawatan serta laboratorium pendidikan. Pengalaman belajar klinik dilaksanakan dengan baik di rumah sakit pendidikan berfungsi untuk meningkatkan pelayanan keperawatan profesional. Hal ini memungkinkan terjadinya transformasi perilaku
peserta didik dari mahasiswa keperawatan menjadi perawat profesional. Pengalaman belajar lapangan dilaksanakan dengan baik di pusat pelayanan keperawatan (nursing center) sebagai pusat pelayanan kesehatan. Pendidikan tinggi keperawa tan harus membentuk pusat pengembangan keperawatan yang diharapkan mendukung proses profesionalisasi keperawatan, membina praktik/ asuhan keperawatan profesional, membina sistem pendidikan tinggi keperawatan, membina kehidupan profesi keperawatan, dan memberi konsultasi keperawatan profesional.

Diploma III Keperawatan
Tujuan program Diploma III Keperawatan adalah menghasilkan lulusan yang mampu:
1. Melaksanakan pelayanan keperawatan profesional dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khususnya pelayanan dan/ atau asuhan keperawatan individu, keluarga, dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan.
2. Menunjukkan sikap kepemimpinan dan bertanggung jawab dalam mengelola asuhan keperawatan.
3. Berperan serta dalam kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan dan menggunakan hasil penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
4. Berperan serta secara aktif dalam mendidik dan melatih pasien.
5. Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesinya.

Pendidikan Ners
Tujuan pendidikan Ners adalah menciptakan lulusan yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap keperawatan profesional yang mampu:
1. Melaksanakan profesi keperawatan secara akuntabel dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khususnya pelayanan dan/atau asuhan keperawatan dasar hingga tingkat kerumitan tertentu secara mandiri kepada individu, keluarga, dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan.
2. Mengelola pelayanan keperawatan profesional tingkat dasar secara bertanggung jawab dan menunjukkan sikap kepemimpinan.
3. Mengelola kegiatan penelitian keperawatan dasar dan terapan yang sederhana dan menggunakan hasil penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
4. Berperan serta secara aktif dalam mendidik dan melatih calon perawat dan tenaga keperawatan, serta turut berperan dalam berbagai program pendidikan tenaga kesehatan lain.
5. Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesional.
6. Memelihara dan mengembangkan kepribadian serta sikap yang sesuai dengan etika keperawatan dalam melaksanakan profesinya.

Pustaka
Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan Oleh Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More