Soal Uji Kompetensi Guru Bahasa Indonesia SMP
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Artikel
dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel
laporan dan artikel rujukan
b. artikel
konseptual dan artikel teoritis
c. artikel
hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil
laporan dan artikel hasil telaahan
2. Dari sudut
ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan
tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a. kelayakan
ide untuk dipublikasikan
b. wacana
tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide
untuk didiskusikan
d. persamaan
persepsi para ahli di bidang yang sama
3. Tulisan
analisis konseptual terdiri dari
a. judul,
abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul,
abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul
pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul,
pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
4. Dalam suatu
artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi
dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi
5. Referensi
memuat semua rujukan yang
a. pernah
dibaca penulis
b. perlu dibaca
pembaca
c. dimuat dalam
badan tulisan
d. diperlukan
dalam pengembangan tulisan
6. Salah satu
dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut
ini
a. apa inti
teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa
konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan
yang dapat ditarik?
d. Apa tindak
lanjut yang perlu dilakukan?
7. Salah satu
hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan
partisipan
b. menulis
masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu
penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan
korelasi yang dibahas dalam penelitian
8. Pemilihan
penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel
merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang
tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa
tulisan
9. Rekomendasi
untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata
10. Dalam suatu
laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di
bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi
Soal Isian
1. Jelaskan
mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel
penelitian
2. Sebut dan
jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
3. Carilah
salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur yang terdapat pada
artikel itu!
4. Perlu Anda
pahami, apakah yang dimaksud silabus?
5. Prinsip
apasajakah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan silabus?
6. Langkah
apasajakah yang Anda lakukan untuk mengembangkan silabus?
7. Susunlah
silabus pembelajaran inovatif bahasa Indonesia aspek berbicara sastra!
8. Perlu Anda
pahami, apakah yang dimaksud RPP inovatif?
9. Prinsip
apasajakah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan silabus?
10. Langkah
apasajakah yang Anda lakukan untuk mengembangkan silabus?
11. Susunlah RPP
pembelajaran inovatif bahasa Indonesia aspek menulis!
12. Kemukakan dan
jelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian kelas!
13. Kemukakan dan
jelaskan manfaat penilaian kelas!
14. Kemukakan dan
jelaskan fungsi penilaian kelas!
15. Coba Anda
kemukakan dan jelaskan kriteria penilaian kelas!
16. Coba jelaskan prinsip-prinsip
penilaian kelas!
17. Jelaskan ranah
yang dinilai dalam penilaian kelas!
18. Jelaskan
bagaimana pelaksanaan penilaian kelas!
19. Jelaskan
teknik-teknik penilaian yang dapat digunakan untuk penilaian Bahasa dan Sastra
Indonesia di SMP/MTs!
20. Sebutkan salah
satu tes keterampilan berbicara yang dapat menghemat waktu pelaksanaannya?
21. Buatlah salah
satu bentuk daftar cek yang berisikan skill-skill yang menurut anda layak
dikuasai oleh siswa setelah kelas IX SMP/MTs?
22. Dari beberapa
tes pengetahuan dan sikap, cara mana yang menurut anda paling cocok buat anda
sendiri?
23. Selain bentuk
yang sudah diuraikan di atas, coba anda diskusikan salah satu bentuk tes
pengetahuan dan sikap yang berhubungan dengan materi kesegaran jasmani?
Perhatikan pelaksanaan tes tersebut harus menghemat waktu!
24. Jelaskan
cara-cara yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data informasi hasil belajar
Bahasa dan Sastra Indonesia peserta didik di SMP?
25. Jelaskan
bagaimana cara pengolahan data cara-cara penilaian berikut ini.
a. tertulis,
b. lisan,
c. unjuk kerja,
d. produk,
e. porfolio,
f. observas,
dan .
g. penilaian
diri
26. Jelaskan apa
saja yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM!
27. Jelaskan bagaimana
seorang anak dikatakan telah menuntaskan hasil belajar KD!
0 komentar:
Posting Komentar