Contoh Soal Uji Kompetensi Awal Guru TK
SOAL PILIHAN GANDA
1. Perkembangan
motorik adalah
A. Gerakan yang
dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan
dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
C. Berkembang
sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola
interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang
dikontrol otak
2. Ada lima
pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang
mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral
cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
3.
Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar
dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar
garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar
garis lurus
D. Menggambar
coret-coretan
4.
Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A.
Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat
dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati
parit
D. Melompat
dengan satu kaki
5. Salah satu
faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan
fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan
dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang
otak
D. Sifat dasar
genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
6. Perkembangan
sosial adalah \
A. Penerimaan
sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan
kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar
bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial
sebagai anggota kelompok sosial
7. Proses
sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan
perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan
peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar
berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar
berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima
8. Bagaimanakah
gambaran orang yang sosial?
A. Orang yang
menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang
kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang
merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain
D. Orang yang
perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi
9. Mengapa keluarga
mempunyai peran penting
dalam proses
sosialisasi anak?
Keluarga
sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan
utama
Keluarga
mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
Keluarga
mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
Keluarga
merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka
dan relatif tetap
10. Gaya
pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan
batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan
permissive-indulgent
B. Pengasuhan
otoritatif
C. Pengasuhan
permissive-indefferent
D. Pengasuhan
otoriter
11. Emosi menurut
Goleman adalah
A. Perasaan yang
ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai
perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai
perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis
dan perilaku yang tidak tampak
D. Merujuk pada
suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan
psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak
12. Anak-anak
menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan
kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan
(regulation)
B. Komunikasi
(communication)
C. Kelangsungan
hidup (survival)
D. Penyesuaian
diri (adaptation)
13. Faktor-faktor
apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor
keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan
dan pendidikan
C. Faktor
kematangan dan belajar
D. Faktor
intelektual dan sosial
14. Apabila
tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami
emosi
A. Marah
B. Gembira atau
senang
C. Sedih
D. Takut
15. Mampu memuji,
memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi
anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6
bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6
bulan
16. Menurut Jean
Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia
sekitar disebut
A.
Strukturalisme
B.
Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D.
Progressivisme
17. Anak usia
taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
A.
Praoperasional
B. Formal
operasional
C. Konkrit
operasional
D. Sensorimotor
18. Proses
penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata
(struktur kognitif) anak adalah
a. Ekuilibrium
b. Akomodasi
c. Adaptasi
d. Asimilasi
19. Anak yang
sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya,
berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun
B. 2-3 tahun
C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun
20. Pembelajaran
yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar
membaca, menulis dan berhitung
B. Memberi
kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai
aktivitas pembelajaran
C. Memberikan
pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah
D. Memberi
pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar
21. Bagaimanakah
cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan
orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan
orang dewasa
C. Memperhatikan
muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main
dengan bunyi (mengoceh)
22. Salah satu
komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks
komunikatif adalah
A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik
23. Semantik
sebagai salah satu komponen bahasa adalah
a. Susunan
kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
b. Suatu
pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
c. Suatu sistem
aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi
beberapa kata
d. Berkaitan
dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan
susunan suku kata
24. Teori yang
menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk
menggunakan bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D.
Konstruktivistik
25. Yang tidak
termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang
diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan
tahap perkembangan anak adalah
A. Membuat
lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran
untuk membantu perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun
kurikulum yang sesuai
D. Memacu
perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis
26. Yang tidak
termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan
seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada
dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa
kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman
Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan
linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik,
multidimensional, dan human
C. Salah satu
unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan
tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata Ditandai oleh banyak (lebih dari
satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk
seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
27. Pengembangan
kreativitas akan berhasil jika
Pelaksanaan
pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis,
dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani
belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran
pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam
mengembangkan kedua belahan otak
D. Pembelajaran
anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi
28. Yang tidak
termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai
kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan
konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada
situasinya
B. Mempunyai
kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu
masalah
C. Sangat bersemangat (passionate) bila
menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap
keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak
kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga
merasakan kegembiraan yang luar biasa
29. Yang tidak
termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A. Pribadi
B. Proses
C.
Pendorong
D. Prosedur
SOAL URAIAN
1. Jelaskan apa
hakikat anak usia dini?
2. Jelaskan
makna pendidikan anak usia dini?
3. Sebutkan dan
jelaskan fungsi pendidikan anak usia dini?
4. Apa yang
dimaksud dengan otoaktivitas? Dan menurut anda bagaimana memunculkan
otoaktivitas pada anak!
5. Mengapa
pendidikan anak usia dini mengembangakan fungsi panca indra?
6. Menurut
pendapat anda prinsip apa saja yang paling mendasar dalam memberikan kegiatan
dalam pembelajaran anak usia dini?
7. Apa yang
dimaksud belajar dalam pendidikan anak usia dini?
8. Jelaskan
pengembangan kurikulum yang dapat diberikan pada pendidikan anak usia dini?
9. Sebutkan dan
Jelaskan metode pembelajaran yang dapat diberikan untuk anak usia dini?
10. Jelaskan
pandangan dasar yang dikemukakan oleh Pestalozzi, Frobel dan Jan Lighthart?
11. Menurut
pendapat anda apa perbedaan dan persamaan sistem pengajaran dari ketiga tokoh
tersebut?
12. Jelaskan
suasana yang harus diciptakan dalam pengajaran Frobel, serta berikan contoh
kongkritnya?
13. Konsep dasar
apa yang dikembangkan pada pengajaran barang sesungguhnya yang dikemukakan oleh
Jan Lighthart?
14. Sebutkan dan
jelaskan persamaan dan perbedaan model pengajaran Montessori, Helen Parkhust,
dan John Dewey?
15. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan masa peka?
16. Apa yang
dimaksud dengan kebebasan dalam model pengajaran Montessori?
17. Apa yang
dimaksud dengan ‘learning by doing’?
18. Menurut
pendapat anda mengapa dalam pengajaran Montessori, panca indra merupakan pintu
gerbang masuknya pengetahuan?
19. Sebutkan dan
jelaskan persamaan dan perbedaan model pembelajaran Kilpatrick dan Decroly?
20. Menurut
pendapat anda model pengajaran simbiotis sama dengan barang sesungguhnya atau
tidak? Berikan alasannya!
21. Menurut
pendapat anda anak usia dini dapat diberikan pengenalan membaca, menulis, serta
berhitung permulaan?
22. Apa yang
dimaksud dengan keterkaitan dalam model pengajaran Decroly?
23. Berikan contoh
kongkrit dari bentuk pengajaran proyek Kilpatrick?
24. Jelaskan
secara singkat inti dari proses sosialisasi! Beri contoh!
25. Jelaskan
secara singkat faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan tuntutan
sosial pada anak usia dini!
26. Jelaskan
tentang peran keluarga dalam proses sosialisasi!
27. Menurut Anda,
gaya pengasuhan yang mana yang paling tepat digunakan didalam keluarga untuk
dapat mengembangkan kompetensi sosial anak usia dini?
28. Mengapa guru
TK perlu memahami perkembangan emosi anak usia dini? Jelaskan secara singkat
dan beri contoh!
29. Bagaimanakah
cara mengetahui anak yang sedang gembira dan sedih? Jelaskan dan beri contoh!
30. Bagaimanakah
cara menangani anak yang sedang marah karena diganggu oleh temannya? Jelaskan
dan beri contoh!
31. Bagaimanakan
perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun? Jelaskan dan beri contoh!
32. Bagaimanakah
sebaiknya orangtua melatih anak untuk mengembangkan bahasa anak sejak dini?
Jelaskan dan beri contoh!
33. Mengapa
kreativitas perlu dikembangkan? Jelaskan dan beri contoh!
34. Bagaimanakah
cara mengembangkan kreativitas anak? Jelaskan dan beri contoh!
0 komentar:
Posting Komentar