Sabtu, 31 Maret 2012

Penyakit Tumor




Tentang Penyakit Tumor



Tumor adalah sekumpulan sel yang membelah diri dengan sangat cepat sehingga tumbuh dan jumlahnya menjadi semakin banyak dan tidak terkendali. Untuk beberapa jenis tumor tertentu, kumpulan sel yang tumbuh dengan sangat cepat ini terlihat sebagai benjolan jika sudah mencapai tahap yang cukup lanjut. Misalnya tumor payudara, sehingga deteksi awal dari penyakit tumor ini bisa dilakukan dengan cara meraba apakah terdapat benjolan atau tidak. Begitu juga dengan tumor hati atau tumor paru-paru yang bisa dikenali dengan adanya benjolan sebagai akibat dari pembesaran yang abnormal. Namun demikian, tidak semua kanker harus terlihat sebagai benjolan apalagi pada stadium awal.

Dalam keadaan normal, pembelahan sel selalu terkendali. Di dalam tubuh kita terdapat sistem yang mengatur kapan sel membelah dan seberapa cepat sel - sel tersebut harus memperbanyak diri. Jika sistem pengaturan ini terganggu maka sel - sel akan membelah secara tidak terkendali sehingga menyebabkan timbulnya tumor. Sebenarnya perbanyakan jumlah sel ini dilakukan tubuh untuk menggantikan sel - sel yang secara rutin mengalami kematian serta untuk menambah jumlah sel tubuh pada masa pertumbuhan. Sel akan mati jika sudah mencapai masa tertentu.

Tumor sendiri dibedakan menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Tumor disebut jinak jika kecepatan pembelahan sel - selnya tidak terlalu tinggi dan sel - sel hasil pembelahan yang cepat tersebut masih menunjukkan keabnormalan yang relatif rendah. Tumor jinak biasanya terbungkus oleh semacam selaput yang membuat jaringan. Kumpulan sel - sel  tumor ini terpisah dengan jaringan yang normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebarke bagian tubuh yang lain. Itulah mengapa tumor jinak relatif lebih mudah diangkat melalui metode operasi pembedahan. Tumor jinak juga biasanya tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Pada tumor ganas, kecepatan pembelahan selnya sangat tinggi dan sel - selnya menunjukkan keabnormalan yang relatif besar. Tumor ganas juga tidak terbungkus oleh selaput seperti halnya tumor jinak sehingga akan menyulitkan untuk mengangkat sel tumor ganas sampai bersih melalui metode pembedahan sehingga biasanya pengobatan atas tumor ganas ini dilakukan dengan menggunakna metode penyinaran atau kemoterapi. Tumor ganas ini biasa disebut dengan kanker. Tumor ganas juga bisa menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Sel - sel tumor bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebar ke bagian - bagian tubuh yang lainnya. Proses penyebaran sel tumor ganas ini disebut sebagai metastasis. 


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More