Definisi public relations keuangan
Sama seperti industri public relations lainnya, public
relations keuangan juga tidak mampu mendefinisikan tugas mereka. Beberapa orang
mendefinisikan bahwa public relations keuangan adalah segala sesuatu tentang
uang — namun definisi tersebut hanya dapat diterapkan untuk segala aktivitas
public relations yang lain. Karena sejumlah uang dan sumber daya perusahaan
yang relatif besar telah dianggarkan untuk komunikasi keuangan, paling tidak
kita harus mampu mendefinisikan hasil apa yang dapat diharapkan atas apa yang
telah diinvestasikan.
Bab ini membahas public relations keuangan di Inggris,
terutama dari sudut pandang perusahaan menengah sampai perusahaan besar. Namun
karena penekanannya pada bagaimana keterampilan komunikasi dasar dan pemahaman
pesan yang baik dapat diterapkan dalam komunikasi keuangan, maka hal ini juga
dapat diterapkan pada perusahaan lain, baik besar maupun kecil.
Lingkungan komersial dan lingkungan sosial sudah banyak
berubah. Akibatnya, fokus sempit pada pemegang saham — dulu pemegang saham
merupakan tujuan dart sebagian besar komunikasi keuangan — bukan lagi menjadi
pilihan sebagian besar perusahaan. Semakin pentingnya ‘stakeholder’ demi
keberhasilan bisnis jangka panjang melahirkan pendekatan public relations dan
aktivitas public affairs yang semakin canggih dan semakin berimbang.
Akan tetapi, keberhasilan pemegang saham dan keberhasilan
keuangan sebuah perusahaan tetap saja terletak pada perencanaan public
relations. Mempertahankan dukungan ‘stakeholder’ merupakan tujuan utama untuk
memperoleh keuntungan finansial yang diinginkan pemilik perusahaan.
Pemegang saham, karyawan, dan pelanggan lebih mendukung
sebuah perusahaan dengan reputasi baik dalam hal integritas dan kejujuran
dibandingkan terhadap perusahaan yang hanya memiliki reputasi baik dalam hal
keuntungan finansial saja. Kejelasan dan keterbukaan dalam komunikasi, sebuah
strategi yang jelas, dan kepemimpinan yang baik juga menambah reputasi sebuah
perusahaan. Yang menjadi perhatian utama tetap saja pemegang saham dan para
penasihat mereka. Keterampilan semua orang public relations keuangan terfokus
pada bagaimana agar perusahaan yang dimiliki publik dan telah “terdaftar” di
bursa saham ini dapat berkomunikasi secara positif dan konsisten dengan
pemiliknya. Sebagian besar usaha yang dilakukan dalam public relations keuangan
berkisar pada laporan tengah tahunan perusahaan yang langsung ataupun tidak
harus melalui media.
Bagi berjuta-juta perusahaan, besar ataupun kecil, di
seluruh dunia, kebutuhan untuk memperoleh pemahaman yang benar akan angka-angka
laporan tengah tahunan maupun laporan akhir tahun merupakan bagian terpenting
dari strategi public relations keuangan. Saat ini, semakin banyak pengumuman
penting yang dilakukan di luar kedua laporan di atas, seperti laporan hasil
catur wulan, perbaikan berkala faktor-faktor kunci seperti tingkat produksi
pada perusahaan perminyakan, jumlah penumpang pada perusahaan penerbangan,
jumlah penjualan musim panas dan natal bagi perusahaan pengecer, atau
pengesahan ijin baru bagi perusahaan farmasi. Bagi organisasi besar, untuk
mengatur pengumuman dan antisipasi pasar diperlukan aktivitas langsung dari
komunikasi keuangan.
Pustaka
Public Relations Dlm Praktek By Anne Gregory
0 komentar:
Posting Komentar