Contoh Soal Uji Kompetensi Awal Guru BK
1. Tunjukkan
semua alasan yang saudara ketahui, mengapa seorang konselor perlu memahami
karakteristik individu yang dibimbingnya?
2. Tunjukkan
pula semua alasan mengapa seseorang konselor perlu memahami dan terampil
menggunakan bermacam-macam teknik?
3. Tuliskan
semua manfaat memahami konselor bila ia terampil menggunakan bermacam-macam
teknik asesmen !
4. Tuliskan
pula bahayanya jika konselor tidak bisa memahami konseli yang dilayaninya !
5. Tuliskan pengertian daftar cek masalah
dengan kalimat saudara sendiri
6. Jelaskan
untuk apa biasanya daftar cek digunakan dalam kegiatan bimbingan dan konseling
7. Jelaskan
kelebihan penggunaan daftar cek dibanding dengan interview
8. Tunjukkan
alas an saudara, mengapa dalam analisis daftar cek bukan sekedar melihat
kuantitas masalah yang dihadapi siswa, tetapi perlu memahami intensitas masalah
9. Buatlah
rumusan dengan kalimat saudara sendiri, apa yang dimaksud dengan sosiometri
10. Jelaskan apa
kegunaan sosiometri dalam bimbingan dan konseling
11. Jelaskan dari
mana saudara bisa mengetahui bahwa seorang siswa terasing di kelasnya jika
saudar melihat data sosiogram.
12. Mengapa
interviu memerlukan waktu yang lebih lama? Jelaskan!
13. Dalam kegiatan
konseling interviu merupakan metode yang utama, Beri penjelasan secukupnya!
14. Dalam menyusun
panduan interviu, hal apa yang harus dikuasai oleh interviuer?
15. Jelaskan
pengertian bimbingan dan konseling kelompok yang menyebutkan pada unsur-unsur
pokoknya.
16. Berikan
penjelasan tentang perbandingan antara bimbingan kelompok, konseling kelompok,
dan psikoterapi kelompok ditinjau dari , fungsi, anggota, suasana interaksi,
dan jumlah anggota.
17. Jelaskan
tujuan umum dan tujuan khusus konseling kelompok.
18. Berikan
ilustrasi kekuatan konseling kelompok bila dibandingkan dengan konseling
individual.
19. Sebut dan
jelaskan tiga bentuk pengumpulan orang-orang secara ringkas.
20. Jelaskan
faktor-faktor yang dapat mewujudkan suatu kelompok.
21. Jelaskan peran
anggota kelompok dalam bimbingan kelompok.
22. Kemantapan,
kekompakan kelompok tergantung pada beberapa hal. Jelaskan.
23. Sebutkan
tahapan –tahapan dalam bimbingan dan konseling kelompok dan tujuannya masing-masing.
24. Bilamanakah
pemimpin kelompok diharapkan dapat tampil sebagai contoh dalam tahap
pembentukan .?
25. Apa ciri khas
tahap peralihan?
26. Kemukakan
perbedaan yang prinsip dalam tahapan bimbingan kelompok dan konseling kelompok.
0 komentar:
Posting Komentar