Kamis, 22 Maret 2012

Cara menulis skenario kehidupan




Cara menulis skenario kehidupan (Life script)


1. Tetapkan tujuan hidup

Di sini kita berperan sebagai sutradara yang menentukan arah kemana kehidupan kita akan kita bawa. Renungkan apa obsesi/keinginan/cita-cita/rencana terbesar kita. Apakah kita berencana ingin menerbitkan sebuah buku solo? Atau kita ingin memiliki usaha sendiri di bidang tata boga? Atau kita bercita-cita ingin sekolah lagi dan meraih gelar doktor?

Jangan dulu membuat batasan-batasan dalam menentukan semua cita-cita itu. Beri kebebasan dan keberanian pada diri kita sendiri untuk menentukannya. Jangan lupa, tak ada impian yang mustahil untuk diwujudkan jika kita berusaha dengan bersungguh-sungguh.

2. Susun mimpi-mimpi kita

Tuliskan semua rencana dan impian kita itu berdasarkan skala prioritas. Kemudian tentukan kapan batas waktu pencapaian dari masing-masing impian yang kita tuliskan. Misalnya, target untuk mendapatkan gelar doktor adalah 3 tahun lagi. Atau target launching buku perdana adalah bulan Januari 2012. Makin spesifik waktu yang dituliskan, makin baik kualitas skenario kita. Hal itu akan membantu kita untuk jauh lebih fokus dalam pelaksanaannya nanti.

3. Tetapkan strategi-strategi pencapaian

Jika target impian telah ditetapkan, maka selanjutnya adalah menyusun strategi pencapaian target tersebut. Tetapkan langkah-langkah apa saja yang harus kita tempuh terlebih dahulu untuk mencapai target impian. Misalnya, untuk bisa memiliki usaha di bidang tata boga pada bulan Februari 2012, maka kita terlebih dahulu harus memiliki modal. Modal kita targetkan harus terkumpul sebanyak n rupiah pada bulan Januari 2012, dengan asumsi sumber pendapatan berasal dari Gaji dan pinjaman ke bank.

Penetapan strategi ini penting agar kita tidak kehilangan arah pada saat mulai melaksanakan apa yang kita rencanakan.

4. Susun dalam sebuah paragraf

Untuk memudahkan proses afirmasi, sebaiknya kita susun ketiga hal di atas dalam sebuah paragraf-paragraf seperti sebuah rangkaian cerita. Skenario dalam bentuk paragraf akan lebih mudah dan lebih menarik untuk dibaca kembali. Bahasa dan kalimat yang digunakan harus berupa kalimat positif. Hindari penggunaan kata “tidak”, “akan” dan “mungkin”serta kata-kata berunsur negatif lainnya.. Tulislah seakan-akan semua impian itu telah berhasil kita capai. Berikan deskripsi detail mengenai gambaran suasana lingkungan saat impian kita tercapai. Gambarkan juga suasana hati yang kita rasakan jika kita berhasil mencapai cita-cita tersebut.

Contoh salah satu paragraf dlm Life Script : “Saya dapat melihat lebih jelas gambar demi gambar kesuksesan yang saya raih berkat kerja keras saya. Saya sekarang dapat merasakan kebahagiaan, kebanggaan, dan kepuasan yang amat sangat, karena saya telah menjadi seseorang yang sangat dicintai oleh keluarga, teman, rekan kerja bahkan banyak orang-orang di luar sana. Peta hidup yang telah saya buat bersama suami saya, sekarang telah mulai terlihat hasilnya. Saya memiliki sebuah rumah yang nyaman dan berada di lingkungan yang begitu peduli dengan edukasi. Anak saya tumbuh sehat, dan ceria. Potensi dan bakatnya berkembang dengan luar biasa. Ia berkembang menjadi anak yang sholeh, dan memiliki cita-cita yang mulia”. Dan seterusnya…

5. Baca berulang-ulang

Jika rangkaian paragraph itu telah selesai disusun, sebaiknya kita baca setiap saat, berulang-ulang. Kalau malas membaca, kita juga bisa merekamnya, supaya dapat didengarkan berkali-kali. Hal ini diperlukan untuk memelihara tekad dan menciptakan aura kesuksesan yang insya Allah akan kita raih jika kita bersungguh-sungguh. Semangat untuk meraih cita-cita harus selalu kita tumbuhkan.

6. Siapkan mental

Apa yang harus kita lakukan jika rencana-rencana yang kita susun tidak dapat berjalan dengan lancar? Langkah pertama adalah JANGAN PUTUS ASA dan TETAP SEMANGAT. Langkah kedua adalah siapkan rencana cadangan, lengkap dengan strategi yang berbeda. Bisa jadi strategi yang kita susun sebelumnya belum tepat sasaran. Satu hal yang perlu kita yakini dan pahami adalah jalan menuju kesuksesan biasanya tidaklah mudah. Hanya orang-orang yang bermental baja lah yang dapat mencicipi buah kesuksesan itu. Hindari sikap menyalahkan keadaan atau orang lain. Segera bangkit dan susun rencana baru. Siapa tahu Tuhan memiliki rencana yang lebih indah buat kita.

7. Lakukan revisi skenario jika diperlukan

Karena skenario kehidupan ini adalah buatan kita sendiri, jadi mengubah atau merevisi isi skenario pastinya sah sah saja. Tidak akan ada yang melontarkan protes atau kita di demo orang lain karenanya. Kecuali jika alur cerita dalam skenario ini melibatkan kehidupan orang-orang terdekat kita, maka ada baiknya jika mendiskusikan rencana baru kita tersebut, agar mereka tidak terlalu kaget dengan perubahan yang terjadi.


Jika semua tahapan di atas telah dilakukan, yang dibutuhkan berikutnya hanyalah tekad, motivasi, keyakinan dan semangat yang kuat untuk berhasil. Alhamdulillah saya sudah mencoba mempraktekkannya. Dan sampai detik ini, hasilnya tidak terlalu melenceng dari apa yang saya rencanakan. Mudah-mudahan Tuhan terus membantu saya untuk merealisasikan impian-impian sederhana yang saya punya.

Yuk, jangan biarkan hidup kita di dunia ini berlalu tanpa makna dan rencana. Realisasikan strategi dalam skenario kehidupan kita dengan konsisten dan disiplin tinggi. Insya Allah Tuhan akan membantu kita mewujudkan apa yang kita impikan, jika impian itu adalah menjalani kehidupan dengan tujuan utama hanya untuk mencari ridho Allah SWT semata.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More