Rabu, 28 Maret 2012

Cara Menarik Contoh Acak Sederhana




Cara Menarik Contoh Acak Sederhana


Contoh acak sederhana (simple random sampling) adalah contoh acak dari suatu populasi tunggal, atau dari salah satu lapisan populasi berlapis. Cara untuk memperoleh contoh acak sederhana adalah dengan mengundi; anggota populasi mana yang akan ditarik kedalam contoh ditetapkan berdasarkan undian. Undian dapat dilakukan secara langsung, semua
anggota populasi dinomori dan diundi secara keseluruhan mana diantaranya yang termasuk kedalam contoh. Undian dapat pula dilakukan dengan menggunakan daftar bilangan teracak, kalkulator, atau dengan bantuan perangkat lunak komputasi.

Gambaran cara penarikan contoh acak sederhana dengan menggunakan daftar bilangan teracak, kalkulator, dan menggunakan bantuan komputer (MINITAB) disajikan pada Lampiran.

Dalam keadaan tertentu, contoh acak tidak dapat ditarik dengan cara mengundi seperti tadi. Untuk memperkirakan rataan bobot populasi ikan pada sebuah danau misalnya, menomori dan mengundi semua ikan yang akan ditarik ke dalam contoh adalah suatu hal yang mustahil dilakukan. Demikian pula halnya, dalam memperkirakan rataan pendapatan pengunjung sebuah toserba, menomori dan mengundi semua pengunjung yang mungkin merupakan hal yang juga mustahil dilakukan. Untuk kasus-kasus seperti ini, berbagai teknik penarikan contoh telah dibuat untuk “menjamin” bahwa contoh yang diperoleh adalah contoh acak. Semua metode analisis statistik dibuat dengan asumsi bahwa data yang dianalisis adalah suatu contoh acak. Apabila data yang digunakan bukan berupa contoh acak, maka kesimpulan yang ditarik melalui metode statistika adalah tidak sahih.

Pustaka
Statistika Dasar


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More