Jumat, 04 Mei 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan Hal 10




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  I (Satu)
Semester                      :  I (Satu)




Bab 4

Kompetensi Dasar                               
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.

Indikator
1.    Melaksanakan kewajiban sebagai  anak di rumah.
2.    Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di sekolah.
3.    Melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat.
4.    Mengetahui akibat seorang anak yang tidak melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.                                                

Alokasi Waktu                                   :           4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat melaksanakan kewajiban sebagai  anak di rumah.
2.    Siswa dapat melaksanakan kewajiban sebagai siswa di sekolah.
3.    Siswa dapat melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat.
4.    Siswa dapat mengetahui akibat seorang anak yang tidak melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.           

B. Materi Ajar
1.    Melaksanakan kewajiban.
2.    Akibat tidak melaksanakan kewajiban.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperatif Learning.
3.    Diskusi dengan teman sebangku.
4.    Tanya jawab.
5.    Ceramah.
6.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)      Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)      Mengajak siswa bertanya jawab tentang tugas-tugas anak di rumah,  misalnya membantu ibu menyapu lantai, membantu ayah menyiram bunga dll.
c)      Mengajak siswa bertanya jawab tentang tugas-tugas anak di sekolah misalnya belajar, mengerjakan PR, datang ke sekolah tepat waktu dsb.

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar hal. 78-79 dan membaca wacana tiap gambar tersebut tentang akibat yang ditimbulkan jika tidak melaksanakan kewajiban, seperti halnya apabila:
(1)   Saya tidak patuh pada Ibu
(2)   Saya tidak menjalankan tata tertib
(3)   Saya tidak belajar
(4)   Saya membuang sampah sembarangan
b)   Menugaskan semua siswa berkelompok dengan cara menghitung angka 1, 2, 3, 4 dan 5. Setelah semua selesai menghitung, langkah selanjutnya menugaskan semua yang telah menyebut angka 1 berkumpul menjadi satu kelompok. Yang menyebut angka 2 menjadi satu kelompok dan seterusnya sampai angka 5. sehingga di dalam kelas ada lima kelompok besar.
c)   Setelah berkelompok, setiap kelompok diminta menghitung anggotanya. Kemudian semua kelompok ditugaskan mengamati gambar di halaman 80-83. Semua siswa ditugaskan memberi warna gambar, dan jumlah kelompok disesuaikan dengan tugas.
(1)   Setelah gambar selesai semua kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan, apa cerita dan makna gambar tersebut dikaitkan dengan kewajiban anak. Seperti:
§  Ketika saya ingin disayang, maka saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di kelompoknya.
§  Ketika saya ingin main, maka saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di kelompoknya
§  Ketika saya ingin memiliki teman, maka saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di kelompoknya
§  Ketika saya ingin mendapat nilai baik, maka saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di kelompoknya
(2)   Setelah semua kelompok selesai mewarnai gambar, semua siswa ditugaskan untuk menuliskan ringkasan sederhana cerita dan makna gambar tersebut dan kewajiban apa yang harus dilakukan oleh anak-anak.
(3)   Semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya. Dan menuliskan kewajiban apa saja kalau di kelas (misalnya piket kelas). Semua kelompok anak sebangku ditugaskan untuk menuliskan apa saja yang harus dilakukan ketika piket kelas.
(4)   Hasil diskusi ditulis di kertas dan diberi nama anggota kelompoknya dan dikumpulkan kepada guru (sebagai portofolio kelompok siswa)
(5)   Semua siswa ditugaskan untuk tulisan (karangan sederhana) ditujukan kepada guru (misalnya kalau saya ingin pintar, maka apa yang diminta dari guru, ditulis di kertas seperti lingkaran lambang waru di buku halaman 88).
(6)   Semua siswa diminta berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu (misalnya ”disini senang, disana senang...) untuk menciptakan suasana yang menyenangkan
d)  Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum, hubungan antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak melaksanakan kewajiban, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 89-91, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup
a)      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.    Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)      Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)      Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.    Gambar tentang,melaksanakan kewajiban dan akibat tidak melaksanakan kewajiban.
2.    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 78-79 dan 80-91.
3.    Lingkungan rumah (keluarga).
4.    Lingkungan sekolah.
5.    Lingkungan masyarakat (tempat umum).

               F.  Penilaian  
               Teknik                              :      tugas kelompok, ulangan harian.
Bentuk Instrumen             :     penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).
Contoh Instrumen             :                
1.   Kamu wajib ... apabila kamu melihat ibu lelah menyapu.
2.   Saya ingin pintar, saya wajib ...
a.       Mencontek  
b.      Belajar
c.       Bermain
3.   Kewajibanmu sebagai kakak adalah ...

                                                                                                                             
                                    __________,  _____________________
                
            Mengetahui,                        
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn


  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                          NIP


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More