RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : I (Satu)
Semester : I (Satu)
Bab 4
Kompetensi Dasar
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
Indikator
1. Melaksanakan kewajiban sebagai anak di rumah.
2. Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di
sekolah.
3. Melaksanakan kewajiban sebagai warga
masyarakat.
4.
Mengetahui akibat seorang anak yang tidak
melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melaksanakan kewajiban
sebagai anak di rumah.
2. Siswa dapat melaksanakan kewajiban sebagai
siswa di sekolah.
3. Siswa dapat melaksanakan kewajiban sebagai
warga masyarakat.
4. Siswa dapat mengetahui akibat seorang anak yang tidak
melaksanakan kewajiban anak di rumah, sekolah, dan masyarakat.
B. Materi Ajar
1. Melaksanakan kewajiban.
2. Akibat tidak melaksanakan kewajiban.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
tugas-tugas anak di rumah, misalnya
membantu ibu menyapu lantai, membantu ayah menyiram bunga dll.
c) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
tugas-tugas anak di sekolah misalnya belajar, mengerjakan PR, datang ke sekolah
tepat waktu dsb.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa ditugaskan untuk mengamati gambar
hal. 78-79 dan membaca wacana tiap gambar tersebut tentang akibat yang
ditimbulkan jika tidak melaksanakan kewajiban, seperti halnya apabila:
(1) Saya tidak patuh pada Ibu
(2) Saya tidak menjalankan tata tertib
(3) Saya tidak belajar
(4) Saya membuang sampah sembarangan
b) Menugaskan semua siswa berkelompok dengan
cara menghitung angka 1, 2, 3, 4 dan 5. Setelah semua selesai menghitung,
langkah selanjutnya menugaskan semua yang telah menyebut angka 1 berkumpul
menjadi satu kelompok. Yang menyebut angka 2 menjadi satu kelompok dan
seterusnya sampai angka 5. sehingga di dalam kelas ada lima kelompok besar.
c) Setelah berkelompok, setiap kelompok diminta
menghitung anggotanya. Kemudian semua kelompok ditugaskan mengamati gambar di
halaman 80-83. Semua siswa ditugaskan memberi warna gambar, dan jumlah kelompok
disesuaikan dengan tugas.
(1) Setelah gambar selesai semua kelompok
ditugaskan untuk mendiskusikan, apa cerita dan makna gambar tersebut dikaitkan
dengan kewajiban anak. Seperti:
§ Ketika saya ingin disayang, maka saya
harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di
kelompoknya.
§ Ketika saya ingin main, maka saya harus
bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan di
kelompoknya
§ Ketika saya ingin memiliki teman, maka
saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah didiskusikan
di kelompoknya
§ Ketika saya ingin mendapat nilai baik,
maka saya harus bersikap ........ (gambar yang benar diwarnai) setelah
didiskusikan di kelompoknya
(2) Setelah semua kelompok selesai mewarnai
gambar, semua siswa ditugaskan untuk menuliskan ringkasan sederhana cerita dan makna
gambar tersebut dan kewajiban apa yang harus dilakukan oleh anak-anak.
(3) Semua siswa diminta berkelompok dengan
teman sebangkunya. Dan
menuliskan kewajiban apa saja kalau di kelas (misalnya piket kelas). Semua
kelompok anak sebangku ditugaskan untuk menuliskan apa saja yang harus
dilakukan ketika piket kelas.
(4) Hasil diskusi ditulis di kertas dan diberi
nama anggota kelompoknya dan dikumpulkan kepada guru (sebagai portofolio
kelompok siswa)
(5) Semua siswa ditugaskan untuk tulisan
(karangan sederhana) ditujukan kepada guru (misalnya kalau saya ingin pintar,
maka apa yang diminta dari guru, ditulis di kertas seperti lingkaran lambang
waru di buku halaman 88).
(6) Semua siswa diminta berdiri dan
bersama-sama menyanyikan lagu (misalnya ”disini senang, disana senang...) untuk
menciptakan suasana yang menyenangkan
d) Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai kewajiban anak di rumah, sekolah, tempat umum,
hubungan antara hak dan kewajiban, melaksanakan kewajiban, dan akibat tidak
melaksanakan kewajiban, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar”
hal. 89-91, untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas
ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan
ulangan harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan
harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika
waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Gambar tentang,melaksanakan kewajiban dan akibat tidak
melaksanakan kewajiban.
2. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 78-79
dan 80-91.
3. Lingkungan rumah (keluarga).
4. Lingkungan sekolah.
5. Lingkungan masyarakat (tempat
umum).
F.
Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : penilaian sikap, penilaian
unjuk kerja, pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).
Contoh Instrumen :
1. Kamu wajib ... apabila kamu melihat ibu lelah
menyapu.
2. Saya ingin pintar, saya wajib ...
a. Mencontek
b. Belajar
c. Bermain
3. Kewajibanmu sebagai kakak adalah
...
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
_______________________ _______________________
NIP. NIP
0 komentar:
Posting Komentar