Sabtu, 16 Juni 2012

Pengertian Katatonia atau perilaku katatonik



Katatonia atau perilaku katatonik adalah gangguan perilaku yang melibatkan kedua ekstrim gerakan. Penyebabnya dapat psikologis atau neurologis. Bentuk yang paling terkenal melibatkan posisi kaku tak bergerak untuk jangka waktu yang lama, seringkali berhari-hari atau minggu, bahkan lebih (disebut katalepsi).

Katatonia juga dapat merujuk pada perilaku motorik gelisah tanpa tujuan yang tidak dirangsang oleh hal apa pun di lingkungan. Gerakan cepat atau berulang terus-menerus, seringkali diikuti meringis dan ekspresi wajah yang aneh, dan gerakan tubuh yang tidak biasa adalah ujung ekstrim lain dari katatonia. Sebuah bentuk yang kurang ekstrim dari katatonia melibatkan aktivitas motorik sangat lambat.

Seringkali, postur fisik dari individu katatonik tidak biasa dan/ atau tidak tepat, dan orang tersebut dapat berada pada postur itu jika ditempatkan oleh orang lain. Sekitar 5-9% dari semua pasien rawat inap psikiatri menunjukkan beberapa gejala katatonik. Dari jumlah tersebut, 25-50% berhubungan dengan gangguan suasana hati (mood), 10-15% berhubungan dengan skizofrenia, dan sisanya berhubungan dengan gangguan mental lainnya.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More