Selasa, 08 Mei 2012

Contoh RPP Sosiologi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH                             : 
MATA PELAJARAN                         : Sosiologi
KELAS / PROGRAM                        : X ( sepuluh )
SEMESTER                          : 1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI                : Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan  Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR                     : Menjelaskan Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan Masyarakat dan Lingkungan
INDIKATOR                                       : Mengidentifikasikan Sosiologi sebagai Ilmu dan Methode
                                                               Mendiskripsikan Hubungan Berbagai Konsep Tentang
Realitas Sosial
                                                             Mengidentifikasi Data Tentang Realitas Sosial Masyarakat
ALOKASI WAKTU                            :  16 jam x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN      : Siswa dapat mengetahui Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji
  Hubungan Masyarakat dan Lingkungan

B.     MATERI PEMBELAJARAN      :
1.      Pengertian Sosiologi
2.      Ruang Lingkup Sosiologi
3.      Konsep – konsep Dasar Sosiologi
4.      Methode – methode dalam Sosiologi
5.      Konsep – konsep tentang Realitas Sosial
6.      Hubungan antara Konsep dan Realitas Sosial
7.      Data Sosiologi tentang Fenomena Sosial

C.    METODE PEMBELAJARAN    :
1.      Diskusi Kelompok
2.      Tanya Jawab
3.      Penugasan Individu dan Kelompok
4.      Ceramah

D.    LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal           :
Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.      Siswa diberi penjelasan mengenai pengertian sosiologi.
b.      Siswa diberi motivasi untuk dapat dan atau berani mengajukan pertanyaan.

2.      Kegiatan Inti               :
a.      Siswa dengan dipandu guru melakukan diskusi di kelas
b.      Siswa diberikan pertanyaan – pertanyaan mengenai sosiologi sebagai suatu kajian masyarakat
c.      Siswa diberikan penjelasan melalui ceramah tentang arti pentingnya pengertian sosiologi

3.      Kegiatan Akhir          :
a.      Siswa dan guru melakukan refleksi
b.      Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E.     SUMBER PEMBELAJARAN    :
1.      Buku materi sosiologi kelas x
2.      Buku LKS untuk siswa
3.      Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.      Gambar – gambar yang relevan
5.      Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.     PENILAIAN                                  :
1.      Teknik                                     : tes tertulis
2.      Bentuk Instrumen       : tes uraian
3.      Soal Instrumen           :
1)     Jelaskan definisi sosiologi sebagai ilmu dan metode
2)     Apakah yang dimaksud dengan realitas sosial dan berikan contohnya
3)     Apakah bedanya antara fakta sosial dan realitas sosial



Sukoharjo, 01 Juni 2007

Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                        Guru Bidang Studi




 ---------------------------                                                         ------------------------
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                             :
MATA PELAJARAN                         : Sosiologi
KELAS / PROGRAM                        : X ( sepuluh )
SEMESTER                          : 1 ( Satu )

STANDAR KOMPETENSI                : Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan
  Norma yang Berlaku di Masyarakat

KOMPETENSI DASAR                     : Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat

INDIKATOR                                         : Menjelaskan pengertian nilai dan norma
                                                              Mengidentifikasikan nilai dan norma
                                                              Membedakan nilai dan norma
                                                              Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam kehidupan  masyarakat
  Memberikan contoh nilai – nilai dan keteladanan rosul dalam  kehidupan sehari – hari
Mengklasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang  berlaku di masyarakat
Memilah kasus – kasus pelanggaran nilai yang tidak sesuai dengan  ajaran Islam

ALOKASI WAKTU                            :  10 jam x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN      : Siswa dapat Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di
  Masyarakat

B.     MATERI PEMBELAJARAN      :
1.      Pengertian Nilai dan Norma
2.     Macam – Macam Nilai dan Norma
3.     Fungsi dan peranan Nilai dan Norma dalam Masyarakat
4.     Bentuk – bentuk keteladanan Rosul dalam keseharian
5.     Perkembangan Nilai dan Norma
6.     Kaitan antara nilai dan norma dan keteraturan sosial
7.      Bentuk pelanggaran nilai – nilai Islami

C.    METODE PEMBELAJARAN    :
1.      Diskusi Kelompok
2.     Tanya Jawab
3.     Penugasan Individu dan Kelompok
4.     Ceramah

D.    LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal           :
a.      Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.      Siswa dimotivasi dengan keterkaitan antara pelajaran / materi yang lalu dengan materi sekarang.
c.      Siswa diberi motivasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang relevan .

2.     Kegiatan Inti               :
a.      Siswa dengan dipandu guru menelaah tentang nilai dan norma
b.     Diskusi tentang konsep nilai dan norma dengan membentuk kelompok – kelompok diskusi kelas.
c.     Tiap – tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
d.     Kelompok lain menanggapi presentasi dari kelompok lain dan diakhiri pengambilan keputusan

3.     Kegiatan Akhir           :
a.      Siswa dan guru melakukan refleksi
b.      Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E.     SUMBER PEMBELAJARAN    :
1.      Buku materi sosiologi kelas x
2.      Buku LKS untuk siswa
3.      Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.      Gambar – gambar yang relevan
5.      Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.     PENILAIAN                                  :
1.      Teknik                                     : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen       : tes uraian
3.     Soal Instrumen           :
1)     Jelaskan pengertian norma dan nilai
2)     Sebutkan perbedaan nilai dan norma
3)     Beerikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
4)     Jelaskan dan beri contoh ketauladanan Rosul !
5)     Klasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat



Sukoharjo, 01 Juni 2007

Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                    Guru Bidang Studi





(----------------------------)                                                           ( …………………………………..)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


SEKOLAH                             :
MATA PELAJARAN                         : Sosiologi
KELAS / PROGRAM                        : X ( sepuluh )
SEMESTER                                      : 1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI              : Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR                   : Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar perkembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
INDIKATOR                                       : Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
 Menjelaskan konsep – konsep dengan contoh interaksi sosial Islami
Menjelaskan faktor pendorong terjadinya interaksi sosial dan  dinamika sosial
  Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial
ALOKASI WAKTU                            :  16 jam x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN      : Siswa dapat Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar
  perkembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

B.     MATERI PEMBELAJARAN      :
1.      Pengertian Interaksi sosial 
2.     Faktor – faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial
3.     Konsep interaksi sosial dalam Islam
4.     Hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial

C.    METODE PEMBELAJARAN    :
1.      Diskusi Kelompok
2.     Tanya Jawab
3.     Penugasan Individu dan Kelompok
4.     Ceramah

D.    LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal           :
a.      Memeriksa kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.      Apersepsi .
c.      Siswa diberi motivasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang relevan .

2.     Kegiatan Inti               :
a.      Menjelaskan mengenai interaksi sosial
b.     Ceramah tentang faktor pendorong interaksi sosial
c.     Diskusi tentang konsep interaksi sosial dalam Islam
d.     Presentasi hasil dari diskusi kelompok.

3.     Kegiatan Akhir           :
c.      Siswa dan guru melakukan refleksi
d.      Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E.     SUMBER PEMBELAJARAN    :
1.      Buku materi sosiologi kelas x
2.      Buku LKS untuk siswa
3.      Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.      Gambar – gambar yang relevan
5.     Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.     PENILAIAN                                  :
1.      Teknik                                     : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen       : tes uraian
3.     Soal Instrumen           :
6)     Jelaskan pengertian norma dan nilai
7)     Sebutkan perbedaan nilai dan norma
8)     Beerikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
9)     Jelaskan dan beri contoh ketauladanan Rosul !
10) Klasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat



Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                    Guru Bidang Studi 




(-------------------)                                                        ( …………………………………..)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH                             : 
MATA PELAJARAN                         : Sosiologi
KELAS / PROGRAM                        : X ( sepuluh )
SEMESTER                                      : 2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI              : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
 KOMPETENSI DASAR                  : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan  kepribadian.
INDIKATOR                                       : Mendefinisikan sosialisasi dan pembentukan
                                                              kepribadian
                                                            Mengidentifikasikan faktor – faktor pembentukan  kepribadian
  Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan  kepribadian
ALOKASI WAKTU                            : 12 jam x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN      : Siswa mengetahui sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan
  kepribadian.

B.     MATERI PEMBELAJARAN      :
1.      Pengertian sosialisasi 
2.     Macam – macam sosialisasi
3.     Macam – macam media sosialisasi
4.     Korelasi antara sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
5.     Faktor – faktor pembentuk kepribadian
6.     Perkembangan kepribadian, macam – macam kepribadian, korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial dalam masyarakat. 

C.    METODE PEMBELAJARAN    :
1.      Diskusi Kelompok
2.     Tanya Jawab
3.     Penugasan Individu dan Kelompok
4.     Ceramah

D.    LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Awal           :
a.      Memeriksa kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.     Siswa diberikan penjelasan keterkaitan nilai, norma dan kepribadian dengan materi sebelumnya yaitu nilai dan norma sosial.
c.     Siswa diberikan penjelasan tentang pengertian kepribadian.

2.     Kegiatan Inti               :
a.      Siswa diberikan penjelasan tentang macam – macam media sosialisasi dan jenis sosialisasi
b.     Siswa diberikan penjelasan tentang korelasi sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
c.     Siswa diberikan penjelasan tentang faktor – faktor pembentuk kepribadian
d.     Siswa diberikan penjelasan tentang perkembangan kepribadian dan macam – macam kepribadian
e.     Siswa diberikan penjelasan tentang korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial

3.     Kegiatan Akhir           :
a.      Siswa dan guru melakukan refleksi
b.     Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E.     SUMBER PEMBELAJARAN    :
1.      Buku materi sosiologi kelas x
2.     Buku LKS untuk siswa
3.     Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.     Gambar – gambar yang relevan
5.     Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.     PENILAIAN                      :
1.      Teknik                         : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen       : tes uraian
3.     Soal Instrumen           :
1)     Jelaskan pengertian sosialisasi dan kaitannya dengan pembentukan kepribadian !
2)     Jelaskan faktor – faktor pembentuk kepribadian !
3)     Jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian !
4)     Jelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian




Sukoharjo, 01 Juni 2007

Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                    Guru Bidang Studi




---------------------                                                           ( …………………………………..)


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More