RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM :
X ( sepuluh )
SEMESTER :
1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Perilaku Keteraturan
Hidup sesuai dengan Nilai dan Norma yang
Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan Sosiologi
sebagai Ilmu yang Mengkaji Hubungan Masyarakat dan Lingkungan
INDIKATOR :
Mengidentifikasikan Sosiologi sebagai Ilmu dan Methode
Mengidentifikasi Data Tentang Realitas Sosial
Masyarakat
ALOKASI WAKTU : 16 jam x 40 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN : Siswa dapat mengetahui
Sosiologi sebagai Ilmu yang Mengkaji
Hubungan Masyarakat dan Lingkungan
B.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian
Sosiologi
2.
Ruang
Lingkup Sosiologi
3.
Konsep
– konsep Dasar Sosiologi
4.
Methode
– methode dalam Sosiologi
5.
Konsep
– konsep tentang Realitas Sosial
6.
Hubungan
antara Konsep dan Realitas Sosial
7.
Data
Sosiologi tentang Fenomena Sosial
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi
Kelompok
2.
Tanya
Jawab
3.
Penugasan
Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH
– LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan
Awal :
Memeriksa kehadiran
siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
a.
Siswa
diberi penjelasan mengenai pengertian sosiologi.
b.
Siswa
diberi motivasi untuk dapat dan atau berani mengajukan pertanyaan.
2.
Kegiatan
Inti :
a.
Siswa
dengan dipandu guru melakukan diskusi di kelas
b.
Siswa
diberikan pertanyaan – pertanyaan mengenai sosiologi sebagai suatu kajian
masyarakat
c.
Siswa
diberikan penjelasan melalui ceramah tentang arti pentingnya pengertian
sosiologi
3.
Kegiatan
Akhir :
a.
Siswa
dan guru melakukan refleksi
b.
Siswa
mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER
PEMBELAJARAN :
1.
Buku
materi sosiologi kelas x
2.
Buku
LKS untuk siswa
3.
Sosiologi
suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar
– gambar yang relevan
5.
Artikel
– artikel ( internet, majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN
:
1.
Teknik
: tes
tertulis
2.
Bentuk
Instrumen : tes uraian
3.
Soal
Instrumen :
1)
Jelaskan
definisi sosiologi sebagai ilmu dan metode
2)
Apakah
yang dimaksud dengan realitas sosial dan berikan contohnya
3)
Apakah
bedanya antara fakta sosial dan realitas sosial
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM :
X ( sepuluh )
SEMESTER :
1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Perilaku Keteraturan
Hidup sesuai dengan Nilai dan
Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR : Mendiskripsikan Nilai dan
Norma yang Berlaku di Masyarakat
INDIKATOR :
Menjelaskan pengertian nilai dan norma
Mengidentifikasikan
nilai dan norma
Membedakan
nilai dan norma
Memberikan
contoh peran nilai dan norma dalam kehidupan
masyarakat
Memberikan contoh nilai – nilai dan
keteladanan rosul dalam kehidupan sehari
– hari
Mengklasifikasikan
kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang
berlaku di masyarakat
Memilah kasus – kasus
pelanggaran nilai yang tidak sesuai dengan
ajaran Islam
ALOKASI WAKTU : 10 jam x 40 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN : Siswa dapat
Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di
Masyarakat
B.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian
Nilai dan Norma
2.
Macam
– Macam Nilai dan Norma
3.
Fungsi
dan peranan Nilai dan Norma dalam Masyarakat
4.
Bentuk
– bentuk keteladanan Rosul dalam keseharian
5.
Perkembangan
Nilai dan Norma
6.
Kaitan
antara nilai dan norma dan keteraturan sosial
7.
Bentuk
pelanggaran nilai – nilai Islami
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi
Kelompok
2.
Tanya
Jawab
3.
Penugasan
Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH
– LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan
Awal :
a.
Memeriksa
kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.
Siswa
dimotivasi dengan keterkaitan antara pelajaran / materi yang lalu dengan materi
sekarang.
c.
Siswa
diberi motivasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang relevan .
2.
Kegiatan
Inti :
a.
Siswa
dengan dipandu guru menelaah tentang nilai dan norma
b.
Diskusi
tentang konsep nilai dan norma dengan membentuk kelompok – kelompok diskusi
kelas.
c.
Tiap
– tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
d.
Kelompok
lain menanggapi presentasi dari kelompok lain dan diakhiri pengambilan
keputusan
3.
Kegiatan
Akhir :
a.
Siswa
dan guru melakukan refleksi
b.
Siswa
mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER
PEMBELAJARAN :
1.
Buku
materi sosiologi kelas x
2.
Buku
LKS untuk siswa
3.
Sosiologi
suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar
– gambar yang relevan
5.
Artikel
– artikel ( internet, majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN
:
1.
Teknik
: tes
tertulis
2.
Bentuk
Instrumen : tes uraian
3.
Soal
Instrumen :
1)
Jelaskan
pengertian norma dan nilai
2)
Sebutkan
perbedaan nilai dan norma
3)
Beerikan
contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
4)
Jelaskan
dan beri contoh ketauladanan Rosul !
5)
Klasifikasikan
kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
(----------------------------) (
…………………………………..)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM :
X ( sepuluh )
SEMESTER :
1 ( Satu )
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Perilaku Keteraturan
Hidup sesuai dengan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR : Mendiskripsikan proses
interaksi sosial sebagai dasar perkembangan pola keteraturan dan dinamika
kehidupan sosial
INDIKATOR :
Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
Menjelaskan konsep – konsep dengan contoh
interaksi sosial Islami
Menjelaskan
faktor pendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial
ALOKASI WAKTU : 16 jam x 40 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN : Siswa dapat
Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar
perkembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
B.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian
Interaksi sosial
2.
Faktor
– faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial
3.
Konsep
interaksi sosial dalam Islam
4.
Hubungan
antara interaksi sosial dan keteraturan sosial
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi
Kelompok
2.
Tanya
Jawab
3.
Penugasan
Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH
– LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan
Awal :
a.
Memeriksa
kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.
Apersepsi
.
c.
Siswa
diberi motivasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang relevan .
2.
Kegiatan
Inti :
a.
Menjelaskan
mengenai interaksi sosial
b.
Ceramah
tentang faktor pendorong interaksi sosial
c.
Diskusi
tentang konsep interaksi sosial dalam Islam
d.
Presentasi
hasil dari diskusi kelompok.
3.
Kegiatan
Akhir :
c.
Siswa
dan guru melakukan refleksi
d.
Siswa
mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER
PEMBELAJARAN :
1.
Buku
materi sosiologi kelas x
2.
Buku
LKS untuk siswa
3.
Sosiologi
suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar
– gambar yang relevan
5.
Artikel
– artikel ( internet, majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN
:
1.
Teknik
: tes
tertulis
2.
Bentuk
Instrumen : tes uraian
3.
Soal
Instrumen :
6)
Jelaskan
pengertian norma dan nilai
7)
Sebutkan
perbedaan nilai dan norma
8)
Beerikan
contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
9)
Jelaskan
dan beri contoh ketauladanan Rosul !
10) Klasifikasikan kasus – kasus
pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Sosiologi
KELAS / PROGRAM :
X ( sepuluh )
SEMESTER :
2 ( Dua )
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan nilai dan norma dalam
proses pengembangan kepribadian
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam
pembentukan kepribadian.
INDIKATOR :
Mendefinisikan sosialisasi dan pembentukan
kepribadian
Mengidentifikasikan
faktor – faktor pembentukan kepribadian
Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap
pembentukan kepribadian
ALOKASI WAKTU :
12 jam x 40 menit
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN : Siswa mengetahui
sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan
kepribadian.
B.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1.
Pengertian
sosialisasi
2.
Macam
– macam sosialisasi
3.
Macam
– macam media sosialisasi
4.
Korelasi
antara sosialisasi dengan pembentukan kepribadian
5.
Faktor
– faktor pembentuk kepribadian
6.
Perkembangan
kepribadian, macam – macam kepribadian, korelasi kepribadian dengan keteraturan
sosial dalam masyarakat.
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Diskusi
Kelompok
2.
Tanya
Jawab
3.
Penugasan
Individu dan Kelompok
4.
Ceramah
D.
LANGKAH
– LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan
Awal :
a.
Memeriksa
kehadiran siswa, kesiapan siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b.
Siswa
diberikan penjelasan keterkaitan nilai, norma dan kepribadian dengan materi
sebelumnya yaitu nilai dan norma sosial.
c.
Siswa
diberikan penjelasan tentang pengertian kepribadian.
2.
Kegiatan
Inti :
a.
Siswa
diberikan penjelasan tentang macam – macam media sosialisasi dan jenis
sosialisasi
b.
Siswa
diberikan penjelasan tentang korelasi sosialisasi dengan pembentukan
kepribadian
c.
Siswa
diberikan penjelasan tentang faktor – faktor pembentuk kepribadian
d.
Siswa
diberikan penjelasan tentang perkembangan kepribadian dan macam – macam
kepribadian
e.
Siswa
diberikan penjelasan tentang korelasi kepribadian dengan keteraturan sosial
3.
Kegiatan
Akhir :
a.
Siswa
dan guru melakukan refleksi
b.
Siswa
mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya
E.
SUMBER
PEMBELAJARAN :
1.
Buku
materi sosiologi kelas x
2.
Buku
LKS untuk siswa
3.
Sosiologi
suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.
Gambar
– gambar yang relevan
5.
Artikel
– artikel ( internet, majalah, koran dsb.
F.
PENILAIAN
:
1.
Teknik
: tes tertulis
2.
Bentuk
Instrumen : tes uraian
3.
Soal
Instrumen :
1)
Jelaskan
pengertian sosialisasi dan kaitannya dengan pembentukan kepribadian !
2)
Jelaskan
faktor – faktor pembentuk kepribadian !
3)
Jelaskan
pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian !
4)
Jelaskan
pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
0 komentar:
Posting Komentar