RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER :
SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU :
16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND,
MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP
PERTEMUAN I
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
BUMI
DAN ALAM SEMESTA
Mengenal berbagai benda langit
dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia
II. KOMPETENSI DASAR
·
Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
·
Membedakan
pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap makhluk hidup
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
membedakan musim hujan dan musim kemarau
·
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh musim hujan dan musim kemarau
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi “tik…tik…bunyi hujan …”
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan cerita musim hujan dan musim
kemarau pada buku panduan tematik 1B hal 19-20
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPA
( lpa 1, lpa 2 dan lpa 3)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
tulis dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara tertulis (memasangkan gambar,
mewarnai)
a. Kunci jawaban lpa 1 :
1. mendung
2. sinar matahari
3. kilat
4. guntur’
5. kehujanan
setiap butir soal diberi nilai 2
b. Kunci jawaban lpa 2 (arah atas ke bawah) :
1. dingin
2. panas
3. dingin
4. panas
5. panas
6. panas
setiap butir soal diberi nilai 2
dan dibagi 1,5
c.
Kunci jawaban lpa
3 :
1.kemarau
kering
manusia
layu
jagung
kedelai
2. hujan
air
subur
banjir
setiap
butir soal diberi nilai 1
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,
MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP
PERTEMUAN II
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
BUMI
DAN ALAM SEMESTA
Mengenal berbagai benda langit
dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia
II. KOMPETENSI DASAR
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
terhadap makhluk hidup
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh musim kemarau terhadap tumbuhan
·
Siswa dapat
menyebutkan apa yang ahrus dilakukan pada tumbuhan saat musim kemarau
·
Siswa dapat
menyebutkan hewan yang terdapat pada musim kemarau
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bermain dengan menjawab musim apa kegiatan pantomim
yang diperagakan oleh temannya di depan kelas (misalnya gerakan menyiram
tanaman, bermain layangan, dan lain-lain)
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa secara berkelompok 5-7 orang bermain pantomim
2. Satu siswa memeragakan gerakan di depan kelas
(misalnya gerakan menyiram tanaman, bermain layangan, dan lain-lain)
3. Teman yang lain menebak musim apa kegiatan tersebut
dilakukan
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPA
( lpa 4 dan lpa5)
2.
Siswa diminta mengerjakan PR dari buku kerja tematik IPA
(lpa 6)
3. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media :
pensil warna, alat dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, diskusi kelompok
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara tertulis (Mewarnai gambar gambar)
Nilai 9 : Mewarnai dengan rapi dan selesai sebelum waktu
Nilai 8 : Mewarnai dengan rapi dan selesai tepat waktu
Nilai 7 : Mewarnai kurang rapi dan selesai sebelum waktu
Nilai 6 :
Mewarnai kurang rapi dan selesai tepat waktu
Bandung, Juli
200(
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP
PERTEMUAN III
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
BUMI
DAN ALAM SEMESTA
Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
II. KOMPETENSI DASAR
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
terhadap makhluk hidup
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh musim hujan terhadap tumbuhan
·
Siswa dapat
menjelaskan apa yang ahrus dilakukan pada tumbuhan saat musim hujan
·
Siswa dapat
menyebutkan hewan yang terdapat pada musim hujan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Guru memeriksa PR siswa
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa memperhatikan cerita ini musim hujan pada buku
panduan tematik 1B hal 23-24
2.
Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik
IPA (lpa 7 dan lpa 8)
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan tes dari buku kerja tematik IPA (Lpa
9 dan lpa 10)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, tanya jawab
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2.
Penilaian secara tertulis (melengkapi kalimat dan
melingkari gambar)
Kunci jawaban lpa 8 :
1. tidak perlu
2. perlu
3. tidak perlu
setiap butir soal diberi nilai 3
Kunci jawaban lpa 9 : yang dibutuhkan :
1. cacing
2. laron
3. katak
4. nyamuk
Setiap butir soal diberi nilai 2
Kunci jawaban lpa 10 :
1. belalang
2. cacing
3. capung
4. kupu-kupu
5. katak
6. laron
Setiap butir soal diberi nilai 2
dan dibagi 1,5
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER :
SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU :
16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND,
MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan lingkungan rumah
II. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan kembali peristiwa
penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
menyebutkan hewan kesukaannya
·
Siswa dapat
menyebutkan hewan kesukaan anggota keluarganya
·
Siswa dapat
menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi “kelinciku” sambil bertepuk tangan
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa memperhatikan cerita hewan-hewan di rumah pada buku
panduan tematik jilid 1B hal 25
2.
Siswa menyebutkan hewan kesukaannya yang dipelihara di
rumah di depan kelas
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPS
( lps 1 dan lps 2)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, tanya jawab
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Bandung, Juli 2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan lingkungan rumah
II. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan kembali peristiwa
penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
menyebutkan tumbuhan kesukaan yang dipelihara di rumah
·
Siswa dapat
menjelaskan kegiatan keluarganya merawat tumbuhan kesukaan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi “lihat kebunku “ sambil bertepuk
tangan
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa memperhatikan cerita tumbuhan di rumah pada buku
panduan tematik jilid 1B hal 26
2.
Siswa diminta menceritakan tumbuhan yang ada di rumahnya
di depan kelas
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPS
( lps 3 dan lps 4)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, tanya jawab
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan
(sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara tertulis
Kunci jawaban lps 3 :
1. mawar
2. bayam
3. tomat
4. sawi
5. anggrek
6. melati
setiap butir soal diberi nilai 2
dan dibagi 1,5
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN III
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan lingkungan rumah
II. KOMPETENSI DASAR
Menceritakan kembali peristiwa
penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
menjelaskan cara merawat hewan dan tumbuhan di rumah
·
Siswa dapat
menyebutkan tugas anggota keluarga dalam merawat hewan dan tumbuhan di rumah
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi “lihat kebunku “
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikancerita merawat hewan dan tumbuhan
pada buku panduan tematikk jilid 1B hal 27
2. Siswa mengisi tugas anggota keluarga merawat hewan dan
tumbuhan pada buku panduan tematik jilid 1B hal 27
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa mengerjakan tes dari buku kerja tematik IPS ( lps 5 dan lps 6)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara tertulis
a.
kunci jawaban lps
5 :
1. menyiram
2. rumput
3. pupuk
4. segar
5. segar
setiap butir soal diberi nilai 2
b.
kunci jawaban lps
6 :
1. memberi makan
2. mengobati
3. membersihkan
setiap butir soal diberi nilai 3
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER :
SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU :
16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND,
MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
SENI TARI
Mengapresiasi karya seni tari
SENI MUSIK
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
II. KOMPETENSI DASAR
·
Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
·
Menyanyikan lagu
wajib dan lagu anak-anak
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat
mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat dengan
menirukan gerak hewan dan tumbuhan
·
Siswa dapat
menyanyikan lagu anak-anak “kelinciku”
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi “kepala pundak lutut kaki” sambil
memeragakannya
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan gerak hewan dan tumbuhan pada buku
panduan tematik 1B hal 28
2. Siswa berkelompok 5-10 orang diminta menirukan gerakan
hewan dan tumbuhan pada buku kerja tematik SBK ( lsb 1 dan lsb 2) di depan
kelas
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa menyanyikan lagu kelinciku sambil menirukan
gerakan kelinci (dibimbing oleh guru)
3. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian praktik
“GERAK DI TEMPAT”
Nilai 9 :
Melakukan gerakan dengan benar dan luwes seperti yang dicontohkan
Nilai 8 :
Melakukan gerakan dengan benar dan agak kaku
Nilai 7 :
Melakukan gerakan dengan luwes dan tidak seperti yang dicontohkan
Nilai 6 :
Melakukan gerakan tidak seperti yang dicontohkan dan kaku
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II
I.
STANDAR KOMPETENSI DASAR
SENI RUPA
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
II. KOMPETENSI DASAR
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
III. INDIKATOR
Siswa dapat mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa dua dimensi dengan teknik menempel dengan membuat bentuk hewan dan
tumbuhan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2.
Siswa bernyanyi “pepaya pisang mangga jambu” dibimbing
oleh guru
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan cara membuat bentuk tomat dan lebah
pada buku panduan tematik 1B hal 30
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa membuat gambar tomat dan buah dengan teknik
menempel pada buku kerja tematik SBK (lsb 3 dan 4)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media :
gunting, kertas warna, pensil , lem
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian secara tertulis
“MEMBUAT GAMBAR TEMPEL”
Nilai 9 : Menggunting dan menempel sesuai yang
diminta, sangat rapi dan selesai sebelum waktunya
Nilai 8 : Menggunting dan menempel sesuai
yang diminta, sangat rapi dan selesai tepat waktu
Nilai 7 :Menggunting
dan menempel sesuai yang diminta, kurang rapi dan selesai sebelum waktunya
Nilai 6
: Menggunting dan menempel sesuai yang diminta, kurang rapi dan selesai tepat
waktu
Nilai 5 : Menggunting dan menempel tidak sesuai yang diminta,
kurang rapi
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP
PERTEMUAN III
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
SENI MUSIK
Mengapresiasi karya seni musik
II. KOMPETENSI DASAR
·
Mengidentifikasi
unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
·
Mengelompokkan
bunyi yang berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam
III. INDIKATOR
·
Siswa dapat menirukan berbagai suara hewan
·
Siswa dapat
mengelompokan suara hewan berdasarkan keras dan lemahnya’
·
Siswa dapat
mengelompokan suara hewan berdasarkan panjang pendeknya
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN AWAL
(APERSEPSI)
1.
Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal
pembelajaran)
2. Siswa menebak suara hewan yang diperagakan oleh guru
·
KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.
Siswa memperhatikan bermacam-macam suara hewan pada buku
panduan tematik 1B hal 31
2.
Siswa diminta menuliskan dan menirukan suara hewan pada
buku kerja SBK (lsb 6)
·
KEGIATAN AKHIR
1. Siswa diminta mengerjakan tes pada buku kerja SBK (lsb
7 dan lsb 8)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing
siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap
anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli,
Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku
Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media : Alat
dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, penugasan
VII. PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 :
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 :
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 :
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
2. Penilaian praktik
“MENIRU SUARA HEWAN”
Nilai 9 :
Meniru suara hewan dengan lantang dan benar
Nilai 8 : Meniru suara hewan dengan pelan
dan benar
Nilai 7 : Meniru suara hewan dengan lantang dan
tidak tepat
Nilai 6 : Meniru suara hewan dengan pelan dan tidak
tepat
3. Penilaian secara tertulis :
a. kunci jawaban lsb7 :
1.
suara panjang :
harimau, ayam, kambing, anjing, kuda,
2.
suara pendek :
kecoa, tikus, bebek, anak ayam
Setiap
butir soal diberi nilai 1
b. kunci jawaban lsb 8 :
suara keras : singa, sapi, ayam, anjing,
gajah
suara lemah : kecoa, ular, tikus,
kelinci
Setiap
butir soal diberi nilai 1
Bandung, Juli
2009
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala
Sekolah,
0 komentar:
Posting Komentar