Minggu, 13 Mei 2012

Contoh Rencana Pembelajaran Tematik Full Semester



RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK


TEMA                                                                                                   : HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER                                                                        : SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU                                                                           : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN                          : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP


PERTEMUAN I


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
BUMI DAN ALAM SEMESTA
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia

II.                  KOMPETENSI DASAR

·         Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
·         Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap makhluk hidup

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat membedakan musim hujan dan musim kemarau
·         Siswa dapat menjelaskan pengaruh musim hujan dan musim kemarau

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “tik…tik…bunyi hujan …”

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan cerita musim hujan dan musim kemarau pada buku panduan tematik 1B hal 19-20

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPA ( lpa 1, lpa 2 dan lpa 3)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat tulis dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian secara tertulis (memasangkan gambar, mewarnai)
a.       Kunci jawaban lpa 1 :
1.       mendung
2.       sinar matahari
3.       kilat
4.       guntur
5.       kehujanan
setiap butir soal diberi nilai 2
b.       Kunci jawaban lpa 2 (arah atas ke bawah) :
1.       dingin
2.       panas
3.       dingin
4.       panas
5.       panas
6.       panas
setiap butir soal diberi nilai 2 dan dibagi 1,5
c.        Kunci jawaban lpa 3 :
1.kemarau
   kering
                 manusia
                 layu
                 jagung
                 kedelai
2. hujan
    air
    subur
    banjir
        setiap butir soal diberi nilai 1


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     











 


































MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP

PERTEMUAN II


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

BUMI DAN ALAM SEMESTA
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia

II.                  KOMPETENSI DASAR

Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap makhluk hidup

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menjelaskan pengaruh musim kemarau terhadap tumbuhan
·         Siswa dapat menyebutkan apa yang ahrus dilakukan pada tumbuhan saat musim kemarau
·         Siswa dapat menyebutkan hewan yang terdapat pada musim kemarau

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bermain dengan menjawab musim apa kegiatan pantomim yang diperagakan oleh temannya di depan kelas (misalnya gerakan menyiram tanaman, bermain layangan, dan lain-lain)

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa secara berkelompok 5-7 orang  bermain pantomim
2.       Satu siswa memeragakan gerakan di depan kelas (misalnya gerakan menyiram tanaman, bermain layangan, dan lain-lain)
3.       Teman yang lain menebak musim apa kegiatan tersebut dilakukan

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPA ( lpa 4 dan lpa5)
2.       Siswa diminta mengerjakan PR dari buku kerja tematik IPA (lpa 6)
3.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : pensil warna, alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, diskusi kelompok

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian secara tertulis (Mewarnai gambar gambar)
Nilai 9            : Mewarnai dengan rapi dan selesai sebelum waktu
Nilai 8            : Mewarnai dengan rapi dan selesai tepat waktu
Nilai 7            : Mewarnai kurang rapi dan selesai sebelum waktu
Nilai 6            : Mewarnai kurang rapi dan selesai tepat waktu




Bandung,              Juli 200(

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     











 








MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP

PERTEMUAN III


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

BUMI DAN ALAM SEMESTA
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia

II.                  KOMPETENSI DASAR

Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap makhluk hidup

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menjelaskan pengaruh musim hujan terhadap tumbuhan
·         Siswa dapat menjelaskan apa yang ahrus dilakukan pada tumbuhan saat musim hujan
·         Siswa dapat menyebutkan hewan yang terdapat pada musim hujan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Guru memeriksa PR siswa

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan cerita ini musim hujan pada buku panduan tematik 1B hal 23-24
2.       Siswa diminta mengerjakan latihan pada buku kerja tematik IPA (lpa 7 dan lpa 8)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan tes dari buku kerja tematik IPA (Lpa 9 dan lpa 10)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar


VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian secara tertulis (melengkapi kalimat dan melingkari gambar)
Kunci jawaban lpa 8 :
1.       tidak perlu
2.       perlu
3.       tidak perlu
setiap butir soal diberi nilai 3
Kunci jawaban lpa 9 : yang dibutuhkan :
1.       cacing
2.       laron
3.       katak
4.       nyamuk
Setiap butir soal diberi nilai 2
Kunci jawaban lpa 10 :
1.       belalang
2.       cacing
3.       capung
4.       kupu-kupu
5.       katak
6.       laron
Setiap butir soal diberi nilai 2 dan dibagi 1,5




Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     











 




























RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                                                                                   : HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER                                                                        : SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU                                                                           : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN                          : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN I


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

Mendeskripsikan lingkungan rumah

II.                  KOMPETENSI DASAR

Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menyebutkan hewan kesukaannya
·         Siswa dapat menyebutkan hewan kesukaan anggota keluarganya
·         Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “kelinciku” sambil bertepuk tangan

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan cerita hewan-hewan di rumah pada buku panduan tematik jilid 1B hal 25
2.       Siswa menyebutkan hewan kesukaannya yang dipelihara di rumah di depan kelas

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPS ( lps 1 dan lps 2)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     










 







MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN II


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

Mendeskripsikan lingkungan rumah

II.                  KOMPETENSI DASAR

Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menyebutkan tumbuhan kesukaan yang dipelihara di rumah
·         Siswa dapat menjelaskan kegiatan keluarganya merawat tumbuhan kesukaan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “lihat kebunku “ sambil bertepuk tangan

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan cerita tumbuhan di rumah pada buku panduan tematik jilid 1B hal 26
2.       Siswa diminta menceritakan tumbuhan yang ada di rumahnya di depan kelas

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPS ( lps 3 dan lps 4)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        :  Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.     Penilaian secara tertulis
Kunci jawaban lps 3 :
1.       mawar
2.       bayam
3.       tomat
4.       sawi
5.       anggrek
6.       melati
setiap butir soal diberi nilai 2 dan dibagi 1,5
Bandung,              Juli 2009
Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     










 







MATA PELAJARAN IPS
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN III


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

Mendeskripsikan lingkungan rumah

II.                  KOMPETENSI DASAR

Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menjelaskan cara merawat hewan dan tumbuhan di rumah
·         Siswa dapat menyebutkan tugas anggota keluarga dalam merawat hewan dan tumbuhan di rumah

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “lihat kebunku “

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikancerita merawat hewan dan tumbuhan pada buku panduan tematikk jilid 1B hal 27
2.       Siswa mengisi tugas anggota keluarga merawat hewan dan tumbuhan pada buku panduan tematik jilid 1B hal 27

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan tes  dari buku kerja tematik IPS ( lps 5 dan lps 6)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk IPS jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian secara tertulis
a.          kunci jawaban lps 5 :
1.       menyiram
2.       rumput
3.       pupuk
4.       segar
5.       segar
setiap butir soal diberi nilai 2
b.          kunci jawaban lps 6 :
1.       memberi makan
2.       mengobati
3.       membersihkan
setiap butir soal diberi nilai 3


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     











 

















RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                                                                                   : HEWAN DAN TUMBUHAN
KELAS/SEMESTER                                                                        : SATU (1) / DUA (2)
ALOKASI WAKTU                                                                           : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN                          : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN I


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

SENI TARI

Mengapresiasi karya seni tari

SENI MUSIK

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

II.                  KOMPETENSI DASAR

·         Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
·         Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak-anak

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat dengan menirukan gerak hewan dan tumbuhan
·         Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak “kelinciku”

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “kepala pundak lutut kaki” sambil memeragakannya

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan gerak hewan dan tumbuhan pada buku panduan tematik 1B hal 28
2.       Siswa berkelompok 5-10 orang diminta menirukan gerakan hewan dan tumbuhan pada buku kerja tematik SBK ( lsb 1 dan lsb 2) di depan kelas

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa menyanyikan lagu kelinciku sambil menirukan gerakan kelinci (dibimbing oleh guru)
3.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru


2.       Penilaian praktik
“GERAK DI TEMPAT”
Nilai 9            : Melakukan gerakan dengan benar dan luwes seperti yang dicontohkan
Nilai 8            : Melakukan gerakan dengan benar dan agak kaku
Nilai 7            : Melakukan gerakan dengan luwes dan tidak seperti yang dicontohkan
Nilai 6            : Melakukan gerakan tidak seperti yang dicontohkan dan kaku


Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     










 








MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN II


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

SENI RUPA

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

II.                  KOMPETENSI DASAR

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel        

III.               INDIKATOR

Siswa dapat mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel dengan membuat bentuk hewan dan tumbuhan

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “pepaya pisang mangga jambu” dibimbing oleh guru

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan cara membuat bentuk tomat dan lebah pada buku panduan tematik 1B hal 30

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa membuat gambar tomat dan buah dengan teknik menempel pada buku kerja tematik SBK (lsb 3 dan 4)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : gunting, kertas warna, pensil , lem


VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan


VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian secara tertulis
“MEMBUAT GAMBAR TEMPEL”
Nilai 9      : Menggunting dan menempel sesuai yang diminta, sangat rapi dan selesai sebelum waktunya
Nilai 8            : Menggunting dan menempel sesuai yang diminta, sangat rapi dan selesai tepat waktu
Nilai 7      :Menggunting dan menempel sesuai yang diminta, kurang rapi dan selesai sebelum waktunya
Nilai 6            : Menggunting dan menempel sesuai yang diminta, kurang rapi dan selesai tepat waktu
Nilai 5            : Menggunting dan menempel tidak sesuai yang diminta, kurang rapi



Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     










 



MATA PELAJARAN SBK
ALOKASI WAKTU : 6 JP @ 2 JP

PERTEMUAN III


I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR

SENI MUSIK
Mengapresiasi karya seni musik

II.                  KOMPETENSI DASAR

·         Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
·         Mengelompokkan bunyi yang berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam

III.               INDIKATOR

·         Siswa dapat menirukan berbagai suara hewan
·         Siswa dapat mengelompokan suara hewan berdasarkan keras dan lemahnya’
·         Siswa dapat mengelompokan suara hewan berdasarkan panjang pendeknya

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN

·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa menebak suara hewan yang diperagakan oleh guru

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan bermacam-macam suara hewan pada buku panduan tematik 1B  hal 31
2.       Siswa diminta menuliskan dan menirukan suara hewan pada buku kerja SBK (lsb 6)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa diminta mengerjakan tes pada buku kerja SBK (lsb 7 dan lsb 8)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA

Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2008). Panduan Buku Tematik 1B dan Buku kerja Tematik untuk SBK jilid 1B, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, penugasan

VII.             PENILAIAN

1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

2.       Penilaian praktik
“MENIRU SUARA HEWAN”
Nilai 9            :  Meniru suara hewan dengan lantang dan benar
Nilai 8            : Meniru suara hewan dengan pelan dan benar
Nilai 7           : Meniru suara hewan dengan lantang dan tidak tepat
Nilai 6           : Meniru suara hewan dengan pelan dan tidak tepat

3.       Penilaian secara tertulis :
a.       kunci jawaban lsb7 :
1.             suara panjang : harimau, ayam, kambing, anjing, kuda,
2.             suara pendek : kecoa, tikus, bebek, anak ayam
Setiap butir soal diberi nilai 1
b.       kunci jawaban lsb 8 :
suara keras : singa, sapi, ayam, anjing, gajah
suara lemah : kecoa, ular, tikus, kelinci
Setiap butir soal diberi nilai 1



Bandung,              Juli 2009

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     










 






  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More