Jumat, 04 Mei 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan Hal 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  I (Satu)
Semester                      :  I (Satu)


Bab 2

Kompetensi Dasar                      
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

Indikator
1.      Melaksanakan hidup tertib di rumah.
2.      Melaksanakan hidup tertib di sekolah.
3.      Melaksanakan hidup tertib di tempat umum.

Alokasi Waktu                                      :        6 x 35 menit (3 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melaksanakan hidup tertib di rumah, di sekolah, dan di tempat umum.
              
B.  Materi Ajar
1.      Tertib di rumah dan di sekolah.
2.      Tertib di tempat umum.
3.      Apabila tidak  tertib di tempat umum.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Diskusi kelas dan diskusi kelompok.
4.      Tanya jawab.
5.      Ceramah.
6.      Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Bertanya jawab dengan siswa tentang hidup tertib dikaitkan dengan materi pokok yaitu tentang ketertiban yang akan dibahas.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk saling bercerita kegiatannya di rumah ketika bangun pagi. Kemudian  belajar menulis kata-kata yang mengandung tata tertib (misalnya: belajar, mandi, makan, cium tangan dll), lalu mengumpulkannya dengan menuliskan nama anggota setiap kelompok sebangkunya di kertas.
b)   Guru menyiapkan kartu dan gambar yang menggambarkan tertib dan tidak tertib baik di rumah maupun di sekolah. Misalnya: menyiapkan kartu pasangan sejumlah siswa di kelas. Jika jumlah siswa 40 anak, dan di bawah ini ada 8 macam kartu, maka kartu difoto copy sebanyak 5 kali.
·               Kartu gambar suasana tertib di kelas (halaman 27)
·               Kartu berisi kata ”Tertib di kelas”
·               Kartu gambar tertib  ketika jam istirahat (halaman 27)
·               Kartu berisi kata ”Tertib bermain”
·               Kartu gambar tidak tertib pagi hari (hal 29)
·               Kartu berisi kata ”Tidak tertib bangun pagi”
·               Kartu gambar tidak tertib masuk sekolah (hal 29)
·               Kartu berisi kata ”Tidak Tertib ke sekolah”
c)   Guru mengajak semua siswa berdiri kemudian dikomando agar maju ke depan kelas tanpa diatur (siswa yang maju begitu saja mencerminkan kehidupan yang tidak tertib). Setelah berada di depan kelas, semua siswa diajak untuk mengambil satu kartu yang sudah disiapkan di depan.
d)   Setelah semua memegang kartu, anak-anak diminta berdiri di tepi kelas seluruhnya menghadap ke dalam (melingkar) sambil menunjukkan kartu dihadapkan kepada temannya, sehingga masing-masing dapat melihat kartu yang dipegang. Semua siswa saling melihat kartu dari tempatnya berdiri.
e)  Tugas berikutnya, semua siswa bergabung dengan pasangannya (gambar dengan tulisan, ada 4 pasang kali 5).
f)  Setelah berpasangan, siswa diminta kembali ke kursi bersama pasangan masing-masing. Kemudian meminta semua maju lagi ke depan kelas sambil diatur deret bangku mana yang maju terlebih dulu, disusul deret bangku berikutnya. Hal ini mencerminkan kehidupan tertib.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
           
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang contoh kegiatan anak yang mencerminkan tertib dan tidak tertib.

2.   Kegiatan Inti
a)      Mengidentifikasi tempat umum (tempat ibadah, sekolah, jalan raya, pertokoan, pasar, warung dll).
b)      Bertanya jawab atau diskusi kelas membahas tentang kehidupan dan kebiasaan anak di  tempat umum (apa saja yang dilakukan anak di tempat umum) misalnya:
·                           Apa saja yang dimaksud tempat umum?
·                           Apakah biasa tertib di jalan raya?
·                           Apakah biasa tertib ketika di restoran?
·                           Apakah biasa tertib di tempat ibadah?
c)      Guru bercerita tentang kehidupan tertib dan tidak tertib di  tempat umum (apa saja yang harus dilakukan oleh anak agar hidup tertib di tempat umum) seperti:
·                           Antre kalau akan membayar di kasir
·                           Menyeberang di zebra cross
·                           Tidak bertengkar di tempat ibadah
·                           Bangun harus pagi (jam berapa bangun pagi setiap harinya?)
·                           Dsb.
d)     Guru bercerita apa pentingnya atau untungnya hidup tertib di tempat umum dan apa akibatnya atau ruginya jika tidak tertib di tempat umum (perbedaan tertib dan tidak tertib).
e)      Menugaskan semua siswa agar selalu hidup tertib di tempat umum.
f)       Guru menugaskan semua siswa untuk berkelompok dengan teman sebangku dan mengamati gambar di hal 40 (tugas: amati dan diskusikan/bicarakan dengan teman apakah ada siswa yang tidak tertib?), setelah itu diminta mengerjakan pertanyaan pemahaman di hal 41.
g)      Semua siswa ditugaskan untuk mengerjakan tugas “Ekspresikan dirimu”.
h)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai sikap tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum, serta akibat jika tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 43-44, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Ketiga
           
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang hak anak di rumah dan di sekolah.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Gambar tentang kehidupan tertib dan tidak tertib di rumah, sekolah, dan tempat umum.
2.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 25-34, 34-42.
3.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F. Penilaian   
               Teknik                         :     tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen       :     penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita), penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat), penilaian sikap, pilihan ganda.
Contoh Instrumen       :    

1.   Setiap pagi saya bangun pukul ...
         Saya tiba di sekolah pukul ...
         Apabila guru menerangkan saya ...
         Sepulang sekolah saya menaruh sepatu di ...
         Apabila guru memberikan pekerjaan rumah saya akan ...
                Saya tidur pukul ...                                                     
       2.      Sebutkan contoh hidup tertib di tempat umum.
3.      Contoh hidup tertib di sekolah adalah ...
         a.  Terlambat sekolah
         b.  Mendengarkan guru yang
              mengajar
         c.  Ribut di kelas
4.     Kalau kita melanggar tata tertib, kita akan di ...


                                             __________,  _____________________
               
            Mengetahui,
                                                                       
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                          NIP.



  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More