Jumat, 04 Mei 2012

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan Hal 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  I (Satu)
Semester                      :  I (Satu)


Bab 3

Kompetensi Dasar
Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.

Indikator
Menerima hak anak di rumah dan di sekolah.

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menerima hak anak di rumah dan di sekolah.

B.   Materi Ajar
Melaksanakan hak anak di  rumah dan di sekolah.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperatif Learning.
3.    Diskusi kelas.
4.    Tanya jawab.
5.    Ceramah.
6.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)      Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)      Mengajak siswa bertanya jawab tentang suasana di sekolah (misalnya kalau di kelas siapa yang mengajar kalian?, apakah olah raga di sekolah ditemani Ibu/Bapak Guru? Siapa yang mengajarkan kamu menulis? Siapa yang mengajarimu membaca? Mengapa kamu diajari membaca dan menulis, dsb).

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta mewarnai gambar pada hal. 57-59 yang sesuai dengan hak anak di rumah dan di sekolah.
b)      Guru membacakan wacana pada ”ajang budi pekerti” hal. 60-61, kemudian memberikan perntanyaan pemahaman kepada siswa mengenai hak anak untuk bersekolah.
c)      Mengingatkan siswa mengenai pengertian hak dan akibat jika manusia tidak menerima hak.
d)     Menugaskan semua siswa bercerita sesuai dengan petunjuk dalam gambar hal. 62-63.
e)      Menginformasikan pemahaman budi pekerti terkait pelaksanaan hak.
f)       Menunjukkan gambar di halaman 64 dan 65, kemudian menginstruksikan siswa untuk memilih gambar-gambar yang memuat orang yang menerima haknya.
g)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai hak anak, hak anggota keluarga, dan hak anggota keluarga lain di rumah, hak anak di sekolah, hak warga sekolah, akibat jika hak anak diabaikan, dan pelaksanaan hak anak di  rumah dan di sekolah, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 66-68, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)      Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)      Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.    Kegiatan Inti
a)      Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)      Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)      Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)     Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang kewajiban.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.      Gambar yang mencerminkan cara hidup yang tidak rukun di rumah dan di sekolah.
2.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 18-24.
3.      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.   Penilaian 
               Teknik                               :     tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan berekspresi melalui gambar), pilihan ganda, penilaian tertulis (uraian singkat).

Contoh Instrumen             :    
1.      Hak kita di rumah adalah ...
a)      Disayang ayah dan ibu
b)      Mendapat nilai bagus
c)      Disayang ibu dan bapak guru

2.     Temanmu mengabaikanmu, hak kamu untuk berteman  tidak dihormati, kamu merasa ...


                                     __________,  _____________________
              
             Mengetahui,                                      
           
           Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                           NIP.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More