RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 2
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3
MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.1 Menjelaskan
hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
2. BAHASA
INDONESIA
5.1. Mendeskripsikan
benda-benda di sekitar
6.2 Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah
dikuasai
3. MATEMATIKA
4.1 Membilang
banyak benda
4.2 Mengurutkan
banyak benda
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM .
4.1 Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
2.1 Menceritakan
kembali peristiwa peñting yang dialami sendiri di Iingkungan keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
3.1.1 Menjelaskan
hak anak untuk bermain
3.1.2 Menjelaskan
hak-anak untuk belajar dengan gembira
3.1.3 Menjelaskan
hak anak untuk didengar pendapatnya
2. BAHASA
INDONESIA
5.1.1 Menceritakan
gambar
5.1.2 Membuat
kalimat sesuai gambar
5.1.3 Menulis
kallmat yang didiktekan
6.1.1 Melakukan
percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat aan kosa kata yang sudah
dikuasai
3. MATEMATIKA
4.1.1 Membilang banyak
benda bilangan 51 sampal 100
4.1.2 Menutis
lambang bilangan, bilangan 51 sampai 100
4.1.3 Menulis
nama bilangan, bilangan 51 sampai 100
4.2.1 Membaca
lambang bilangan 51 sampai 100
4.2.2 Menulis
lambang bilangan 51-1 00 secara urut
4.2.3 Menyebutkan
jumlah suatu benda
4.2.4 Membandingkan
2 komponen benda
4.2.5 Membaca
lambing bilangan terbesar ke bilangan terkecil atau sebaliknya secara urut
4. ILMU
PENGETAHUAN ALAM
4.1.1 Mendemonstrasikan
benda-benda yang mudah bergerak
4.1.2 Mengamati
benda- benda yang mudah bergerak
4.1.3 Mendemonstrasikan
benda-benda yang sulit bergerak
4.1.4 Mengamati
benda- benda yang sulit bergerak
5. ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
2.1.1 Menceritakan
kembali peristiwa penting yang dialami anak
III. LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa
bersama
2. Absensi
siswa
3. Appersepsi
: Menyanyikan lagu “Satu Ditambah Satu”
B. KEGIATAN Inti
1. Melaksanakan
tata tertib di rumah
2. Mengenalkan
hak-hak anak di rumah seperti bermain, belajar dengan gembira, dan didengar
pendapatnya.
3. Mengamati
gambar Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada siang hari
4. Mendeskripsikan
gambar
5. Menceritakan
kembali
6. Menulis
kalimat dengan menggunakan huruf sambung dengan benar
7. Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang
sudah dikuasai
8. Menceritakan
kembail
9. Menulis kalimat
dengan menggunakan huruf sambung dengan benar
10. Membilang benda
11. Menjumlah dua
bilangan
12. Mengurangi dua
bilangan
13. Menyebutkan nilai
tempat dengan benar
14. Menceritakan
kembali
15. Menghltung
bilangan 51-1 00 secara urut
16. Menulis Iámbang
bllangan 51-100
17. Menyebutjumtah
benda
18. Mèmbandingkan 2
komponen benda
19. Mémbilang /
mengurutkan bilangan terbesar ke bilangan terkecil atau sebaliknya
20.’ Mendemonstrasikan benda yang mudah bergerak
21. Mengamati
benda-benda yang mudah bergerak
22. Méndemonstrasikan
benda yang sulit bergerak
23. Mengamati
benda-benda yang suUt bergerak
24. Mendeskripsikan
peristiwa penhing yang diatami akan seperti ulang tahun, memenangkan lomba, masuk SD pertama kali, dan sebagainya
(Langkah-Jangkah kegiatan
disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran
ditutup dengan lagu “Bermain Layang-Layang”
IV. METODE,
SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya
Jawab
2. Demonstrasi 5.
Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia,
Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4.
Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2.
Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, JAKARTA, …………………20….
Kepala Sekolah Guru
Kelas I
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
0 komentar:
Posting Komentar