Media
pembelajaran merupakan faktor yang
penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jika dilihat dari
pengertiannya, media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk
menyampaikan pesan pembelajaran. Sedangkan pembelajaran adalah
sebuah proses
komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan
berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media, sehingga saya
menyimpulkan bahwa media pembelajaran itu penting dalam proses pembelajaran.
Media
pembelajaran sangat banyak macamnya, tentunya tidak digunakan sekaligus. Untuk
itu perlu dipilih secara cermat, media mana yang lebih tepat untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kriteria yang paling utama dalam
pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai.
Untuk itu
dalam penggunaan media pembelajaran harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam
pemilihan media pembelajaran agar lebih terarah dan tercapai tujuan media pembelaaran itu.
Penggunaan
media pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu mempertimbangkan beberapa
prinsip, prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran yang dimaksud yaitu:
Tidak ada satu media pun yang paling baik
untuk semua tujuan. Suatu media hanya cocok untuk tujuan pembelajaran tertentu,
tetapi mungkin tidak cocok untuk pembelajaran yang lain.
Media adalah bagian integral dari proses
pembelajaran. Hal ini berarti bahwa media bukan hanya sekedar alat bantu
mengajar guru saja, tetapi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses
pembelajaran. Penetapan suatu media haruslah sesuai dengan komponen lain dalam
perancangan pembelajaran. Tanpa alat bantu mengajar mungkin pembelajaran tetap
dapat berlangsung, tetapi tanpa media itu tidak akan terjadi.
Media apapun yang hendak digunakan, sasaran
akhirnya adalah untuk memudahkan belajar peserta didik. Kemudahan belajar
peserta didik haruslah dijadikan acuan utama pemilihan dan penggunaan suatu
media.
Penggunaan berbagai media dalam satu
kegiatan pembelajaran bukan hanya sekedar selingan/pengisi waktu atau hiburan,
melainkan mempunyai tujuan yang menyatu dengan pembelajaran yang berlangsung.
Pemilihan media hendaknya objektif, yaitu
didasarkan pada tujuan pembelajaran,
tidak didasarkan pada kesenangan pribadi tenaga pengajar.
Penggunaan beberapa media sekaligus akan
dapat membingungkan peserta didik. Penggunaan multi media tidak berarti
menggunakan media yang banyak sekaligus, tetapi media tertentu dipilih untuk
tujuan tertentu dan media yang lain untuk tujuan yang lain pula.
Kebaikan dan kekurangan media tidak
tergantung pada kekonkritan dan keabstrakannya saja. Media yang konkrit
ujudnya, mungkin sukar untuk dipahami karena rumitnya, tetapi media yang abstrk
dapat pula memberikan pengertian yang tepat.
Dengan
mengetahui berbagai prinsip pemilihan media pembelajaran diharapan akan memberi
kontribusi terhadap efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Pada intinya
bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan manfaat sangat besar kepada
peserta didik dalam proses pembelajaran.
Betapapun
baiknya media pembelajaran yang telah dipilih, bila tidak digunakan dengan baik
tentunya tidak banyak manfaatnya, bagaimana menurut anda?
0 komentar:
Posting Komentar