Selasa, 03 April 2012

Mengoperasikan Program Aplikasi Pengolah Kata



Mengoperasikan Program Aplikasi Pengolah Kata

 
Pada bahasan kali ini, akan dibahas salah satu program aplikasi. Program aplikasi yang akan dibahas adalah program aplikasi pengolah kata. Program pengolah kata sangat sering
digunakan oleh siswa sekolah, pekerja, maupun mahasiswa. Program pengolah kata sangat membantu pekerjaan tulis-menulis yang biasa kita lakukan.
Adobe Photoshop dan Corel Draw Windows Movie Maker Program Apikasi 95 Program pengolah kata yang akan dibahas kali ini adalah Microsoft Word 2007. Sebelum versi Microsoft Word 2007, sebetulnya terdapat beberapa versi, seperti Microsoft Word ‘97, Microsoft Word 2000, dan Microsoft Word 2003.
Microsoft Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini. Bagaimanakah cara mengoperasikan Microsoft Word 2007?

1. Mengenal Microso Word 2007
Untuk dapat mengoperasikan Microsoft Word 2007 secara baik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu fasilitas apa saja yang terdapat di dalam Microsoft Word 2007. Selain itu, kamu harus mengetahui menu dan ikon dalam Microsoft Word 2007 beserta fungsinya.

a. Memulai Aplikasi Microso Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program.
3. Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007.

b. Tampilan Jendela dan Menu-Menu Microsof Office Word 2007
Setelah program Microsoft Office Word 2007 terbuka, akan tampil jendela (window) seperti gambar berikut. Sebuah window memiliki berbagai menu dan ikon.

Berikut adalah beberapa ikon dan menu yang terdapat dalam program Microsoft Office Word 2007.
1. Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya. Tombol ini berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
2. Toolbar Quick Access, menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands.
3. Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
4. Tombol Close, berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
5. Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa grup ikon.
6. Status bar, memberikan informasi tentang letak titik sisip (insertion point), halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
7. Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
8. Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

c. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya
akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi.
Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen
kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen
baru.
1. Klik tombol Microsoft Office, lalu klik New .
2. Muncullah kotak dialog New seperti berikut.
3. Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti:
• Blank document, untuk dokumen yang kosong.
• Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
• My Template untuk dokumen dari template buatan.
• New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
• Jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
4. Jika sudah dipilih, klik Create. Atau bisa juga menggunakan cara alternatif:
1. Klik tombol New Document yang ada pada toolbar quick access (jika sudah dibuat).
2. Apabila pada toolbar Quick Access belum terdapat icon file, klik gambar panah di ujung toolbar lalu klik (tandai) pada kata new.
3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.

d. Mengenal Dasar Pengekan Setelah program Microsoft Word terbuka, dokumen baru akan muncul siap untuk digunakan. Dokumen baru berisi kertas yang masih
kosong dan memiliki nama sementara Document1.doc. Pada dokumen baru tersebut kamu akan melihat titik sisip. Titik sisip (Insertion point) berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion point ini.

e. Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah:
1. Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Save As. (atau tekan CTRL+S untuk perintah di keyboard atau juga icon untuk di toolbar quick access).
2. Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As.
3. Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
4. Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name, lalu klik Save. Untuk menyimpan dokumen yang sudah di simpan pada sistem Microsoft Office 2007, dan ingin disimpan dengan nama lain (tidak disatukan dengan dokumen asli), maka:
1. Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Save as . (atau tekan F12 di keyboard).
2. Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen baru (tidak boleh sama dengan nama sebelumnya) pada kotak file name, lalu klik Save.
f. Membuka Dokumen Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkahlangkahnya:
1. Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Open. (tekan CTRL+O di keyboard).
2. Keduanya akan menampilkan kotak dialog open.
3. Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang dijadikan tempat penyimpanan.
4. Pada pilihan File of type, klik format file dokumen yang dimaksud.
5. Pada deretan file atau folder yang ada, klik file yang akan dibuka. Jika file terdapat pada folder, maka folder tersebut harus dibuka dengan cara double klik pada folder tersebut.
6. Klik Open.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More