Selasa, 03 April 2012

jenis jenis hewan (Pengelompokan Hewan Berdasarkan)




Pengelompokan Hewan Berdasarkan Cara Bergeraknya,Jenis Makanannya,Penutup Tubuhnya, & Cara Berkembang Biak

 a. Hewan yang bergerak dengan kakinya
Beberapa hewan bergerak dengan kakinya. Ada yang berkaki dua seperti ayam, angsa, dan burung. Ada yang berkaki empat seperti kelinci, kambing, dan kucing. Kerbau, sapi, harimau, dan singa juga berkaki empat. Berbagai jenis serangga seperti semut dan belalang memiliki enam kaki.
Keluwing, lipan, dan kaki seribu memiliki banyak kaki. Ada juga hewan yang tidak memiliki kaki. Misalnya, cacing dan ular. Mereka bergerak merayap menggunakan perutnya.

b. Hewan yang bergerak dengan sayapnya
Berbagai jenis burung bergerak dengan sayap untuk terbang. Kupu-kupu, lebah, nyamuk, dan lalat menggunakan sayapnya untuk terbang. Burung penguin adalah hewan yang memiliki sayap. Akan tetapi, sayapnya tidak dapat digunakan untuk terbang. Hal ini karena sayap penguin tidak
berkembang sempurna.

c.Hewan pemakan tumbuhan

Kambing, kelinci, dan kuda merupakan hewan pemakan rumput. Burung pipit dan merpati merupakan pemakan bijibijian.
Kupu-kupu dan lebah memakan nektar. Nektar adalah cairan manis pada bunga. Keduanya memiliki alat isap untuk mengisap nektar dari bunga.

d.Hewan pemakan hewan lain

Hewan pemakan daging misalnya harimau, buaya, ular, dan elang. Cecak dan laba-laba juga memakan hewan lain, yaitu dari serangga. Begitu pula dengan katak. Katak juga pemakan serangga. Nyamuk adalah salah satu makanan katak

e.Hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain

Ada juga hewan yang makanannya tumbuhan dan hewan. Ayam dan bebek selain pemakan biji-bijian, juga memakan
cacing dan ulat. Beruang memakan ikan dan buah. Begitu juga dengan musang. Ada juga beruang pemakan madu.
Disebut dengan beruang madu.

f.Penutup tubuh berupa bulu

Berbagai unggas memiliki penutup tubuh berupa bulu. Misalnya, ayam, bebek, dan burung.

g.Penutup tubuh berupa rambut

Hewan yang tubuhnya tertutup rambut tebal, antara lain anjing dan kucing. Tubuh kelinci, kambing, dan singa juga
ditutupi rambut tebal. Sebaliknya, ada juga hewan yang penutup tubuhnya berupa rambut tipis. Misalnya, tikus, sapi, kerbau, dan kelelawar.

h.Penutup tubuh berupa cangkang

Bekicot, siput, kura-kura, dan kerang tubuhnya dilindungi cangkang. Hewan yang memiliki cangkang bertubuh lunak. Cangkang yang keras akan melindungi tubuh lunaknya. Ikan memiliki penutup tubuh berupa sisik. Demikian juga dengan ular. Berbeda dengan ikan lele yang tubuhnya ditutupi kulit. Katak, buaya, cecak, bunglon, dan kadal juga memiliki kulit. Kulit melindungi tubuhnya dari panas dan dingin. Kulit bunglon bahkan digunakan untuk menghindari pemangsanya. Caranya dengan berganti-ganti warna kulit.

i.Berkembang biak dengan cara bertelur

Ayam, ikan, ular, dan kura-kura berkembang biak dengan bertelur. Tahukah kamu hewan lain yang berkembang biak dengan cara bertelur?

j.Berkembang biak dengan cara melahirkan

Kucing, kambing, kerbau, dan anjing berkembang biak dengan melahirkan. Hewanhewan ini termasuk hewan mamalia. Hewan mamalia akan menyusui anaknya. Masa kandungan hewan mamalia satu berbeda dengan mamalia lainnya.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More