Faktor-faktor
intern, yaitu data, informasi dan pengalaman yang terdapat di dalam perusahaan
sendiri. Faktor-faktor tersebut antara lain berupa :
•
Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, syarat
pembayaran barang yang dijual, pemilihan saluran distribusi dan sebagainya.
• Tenaga
kerja yang dimiliki peruahaan, baik jumlahnya (kuantitatif) maupun ketrampilan
dan keahliannya (kualitatif).
• Modal kerja
yang dimiliki perusahaan.
•
Fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki perusahaan.
•
Kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan
fungsi-fungsi perusahaan, baik di bidang pemasaran, dibidang produksi, dibidang
pembelanjaan, dibidang administrasi maupun dibidang personalia.
Sampai
batas-batas tertentu, perusahaan masih dapat mengatur dan menyesuaikan
faktor-faktor intern ini dengan apa yang diinginkan untuk masa yang akan
datang. Misalnya Modal Kerja yang sekarang dimiliki dirasakan kurang untuk
periode Budget yang akan datang, maka perusahaan dalam batas-batas tertentu
masih bisa menambahnya, misalnya dengan meminta kredit ke Bank. Demikian pula
halnya dengan mesin-mesin, peralatan-peralatan, tenaga kerja serta
fasilitas-fasilitas lain, dalam batas-batas tertentu masih disesuaikan dengan
apa yang diinginkan untuk periode budget yang akan datang, baik ditambah maupun
dikurangi. Oleh karena itu faktor-faktor intern ini sering disebut sebagai
faktor yang controlable (dapat diukur), yaitu faktor-faktor yang dalam
batas-batas tertentu masih bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan
untuk periode Budget yang akan datang.
0 komentar:
Posting Komentar