Senin, 30 April 2012

Contoh Krangka dan Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah



Kerangka Karya Tulis
Halaman judul
 Kata pengantar
 Daftar
 BAB I : Pendahuluan
 1.1.Latar belakang masalah
 1.2.Rumusan Masalah
 1.3.Tujuan Penulisan
 1.4.Metode Penulisan
 1.5.Manfaat penulisan
 1.6.Sistematika Penulisan



BAB II Tinjauan Pustaka

 Tinjauan pustaka atau landasan teori dapat berisi hal-hal berikut :
 1.Teori-teori berhunungan dengan masalah-masalah yang akan dipecahkan.
 2.Rujukan dari hasil penelitian sejenis yang telah dilakukan oleh peneliti yang terdahulu
 3.Rujukan-rujukan yang berkaitan dengan bahan dan metode penelitian

BAB III Metodologi
 Metodologi berisi hal-hal berikut
 1.Tempat dan waktu penelitian
 2.Populasi dan sampel
 3.Variabel penelitian
 4.Alat-alat dan bahan penelitian
5.Cara kerja penelitian
 6.Rancangan tabulasi data

BAB IV Data dan Pembahasan
 Pada bagian ini berisi data hasil penelitian yang dipaparkan dalam bentuk tabel.Pada setiap tabel diikuti analisis data,analisis data dapat menggunakan analisis statistik dan atau analisis deskriptif.
 Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan pembahasan adalah sebagi berikut :
 1.Analisis data harus dipaparkan terlebih dahulu sebelum pembahasan dituliskan
 2.Jangan mengulang atau merumuskan kembali hal-hal yang telah dikemukakan
 3.Bila terdapat kekurangan-kekurangan atas pengumpulan data,akui sebagai keterbatasan dan tidak perlu membela diri
 4.Rekombinasi untuk penelitian lebih lanjut harus singkat.
 5.Pembahasan adalah bagian tulisan yang mengutamakan kreativitas berpikir
 6.Teruskan mencari dan membaca literatur terbaru yang relevan.
BAB V Kesimpulan dan Saran

 Kesimpulan suatu karya ilmiah yang ringkas dan bermakna harus dirumuskan berdasarkan hasil penelitian yang terpenting sehingga menggambarkan hasil penelitian yang final dan utuh.
 Kesimpulan biasanya juga disertai dengan saran-saran akan penelitian selanjutnya sehingga berkembang dari penelitian dalam tulisan tersebut.
Daftar Pustaka

Contoh Pendahuluan

Ini adalah merupakan contoh dari pendahuluan karya tulis ilmiah. semoga di simak dengan baik

Bab I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Masalah lingkungan hidup adalah masalah kita semua. Manusia pada dasarnya selalu bergantung pada alam sekitarnya. Segala aktivitas manusia sangat ditentukan oleh alam. Oleh karena itu, sudah seharusnya manusia peduli terhadap kelestarian alam. Pemuda adalah bagian dan masyarakat. Pemuda adalah masa depan suatu bangsa. Di tangan generasi muda inilah keadaan suatu bangsa ditentukan. Pernyataan tersebut sudah begitu saring kita dangar. Namun, kenyataannya sering kita mendapatkan para pemuda yang tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Mereka cenderung lebih suka berhura-hura. Hal ini semakin di perparah dengan fakta yang memprihatinkan maraknya tawuran antar pelajar dan penggunaan narkoba. Melihat keadaan tersebut banyak kalangan yang merasa pesimis dan takut di kalangan remaja terhadap masa depan (pemuda) Indonesia.

Fakta-fakta tersebut pada akhirnya membuat masyarakat selalu menilai kegiatan pelajar sebagai kegiatan yang tidak ada gunanya bah kan dianggap negatif Namun, pernyataan tersebut adalah sebuah penilaian yang keliru karena menjadikan tolak ukur kenakalan sebagian pelajar untuk menilai semua perilaku pelajar. Pada kenyataannya banyak juga kegiatan pelajar yang bernilai positif.

Pada karya tulis ini, penulis akan mencoba memaparkan salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh para pelajar. Kegiatan tersebut berhubungan dengan peril aku cinta lingkungan hidup  yang dipetikkan oleh pelajar sebagai bentuk kesadaran diri pelajar sebagai bagian dari masyarakat dan penentu masa depan bangsa.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, penulis merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah, yaitu:

1. Bagaimana pandangan para siswa SMA 1 Muara Badak terhadap masalah lingkungan hidup?

2. Bagaimana peranan para siswa SMA 1 Muara Badak dalam penyebaran kepedulian terhadap lingkungan hidup kepada masyarakat sekitar?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk:

a. mengetahui pandangan para siswa SMA 1 Muara Badak terhadap masalah lingkungan hidup;

b.mengetahuiperanan para siswa SMA 1 Muara Badak dalam penyebaran kepedulian terhadap lingkungan hidup kepada masyarakat.

D. Metode dan Teknik Penelitian

Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi dan kepustakaan. Adapun teknik-teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut.

1.Teknik Pengamatan Langsung

Pada teknik ini penulis terjun langsung meneliti ke lapangan (SMA 1 Muara Badak) untuk mengetahui sejauh mana kepekaan, perhatian, dan peranan para pelajar SMA 1 Muara Badak dalam masalah kepedulian lingkungan hidup.

2. Teknik Wawancara

Tujuan dari teknik wawancara ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih mengenai kasus yang dibahas. Responden meliputi para pelajar SMA 1 Muara Badak, para pengajar SMA 1 Muara Badak , masyarakat sekitar SMA 1 Muara Badak, dan ahli lingkungan hidup sebagai sumber informasi mengena istudi kasus masalah kepedulian lingkungan hidup pada remaja.

3. Studi Pustaka

Pada metode ini, penulis membaca buku-buku dan tulisan yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah serta yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup dan perilaku rem aja.

E. Waktu dan Lokasi Penelitian

Jangka waktu penelitian adalah satu bulan yaitu tanggal 1 oktober sampai dengan 30 Oktober 2007. Penelitian ini dimulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pengamatan di lapangan, hingga penulisan hasil penelitian.

Lokasi penelitian adalah SMA 1 Muara Badak . Penentuan lokasi penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa SMA 1 Muara Badak adalah Sekolah Menengah Atas yang selalu mendapat predikat sekolah dengan lingkungan terbersih se-Provinsi Kalimantan Timur

F.  Sistematika Penulisan

Pada karya ilmiah ini, penulis akan menjelaskan basil penelitian di lapangan dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, waktu dan lokasi penelitian, serta sistematika penulisan. Bab selanjutnya, penulis melakukan penelitian lapangan di SMA 1 Muara Badak


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More