Sabtu, 31 Maret 2012

Penyakit Demam Berdarah





Tentang Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah atau lebih tepatnya disebut demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang relatif sangat singkat. Bila jaman dahulu penyakit demam berdarah ini hanya menyerang balita dan anak-anak, tidak demikian halnya dengan saat ini. Sekarang penyakit demam berdarah bisa menyerang semua umur, baik anak- anak maupun dewasa. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang tergolong
sebagai sejenis virus arbovirus yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty betina. Penyakit demam berdarah tidak menular melalui kontak manusia melainkan menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Nyamuk jenis ini menyimpan virus dengue di dalam telurnya yang selanjutnya virus tersebut bisa ditularkan ke orang melalui gigitannya.

 GEJALA DEMAM BERDARAH

Grafik gejala demam berdarah mirip dengan pelana kuda. Biasanya demam akan mereda sendiri setelah hari kelima sampai dengan hari ketujuh. Ada kemungkinan setelah demam reda akan disertai dengan tandak gangguan sirkulasi sehingga perlu untuk terus mengamati denyut nadi, tensi darah, suhu, serta pernafasan. Sebagai patokan, denyut nadi normal sekitar 72/menit, cukup kuat dan teratur, tensi darah 120/80 mmHG, suhu tubuh 37 derajat celcius, serta pernafasan 16-20 kali/menit. Pada gejala demam berdarah, denyut nadi terasa cepat dan melemah, tensi darah menurun, suhu tubuh juga menurun, anggota badan teraba dingin serta pernafasan terlihat memburu.




  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More