Model Pembelajaran Jigsaw
Metode atau model pembelajaran jigsaw adalah sebuah
tehnik pembelajaran kooperatif dimana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung
jawab lebih besar dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun tujuan dari medel
pembelajaran jigsaw ini adalah untuk mengembangkan kerja tim, ketrampilan
belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak
mungkin diperoleh bila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian.
Berikut ini adalah skenario kegiatan metode pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran
jigsaw :
Keterangan :
# 5" pertama, guru akan memberikan penjelasan
tentang metode pembelajaran yang akan dilaksanakan termasuk bidang studi apa yang akan menjadi pokok bahasan
# 6" kedua, guru akan membagi siswa menjadi beberapa
kelompok serta menjelaskan tugas untuk masing-masing kelompok. Kelompok ini
disebut kelompok awal
# Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama
7" dan diharapkan siswa dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya pada
kesempatan ini
# kemudian siswa diberi Lembar Kerja (LK) dan diberi
waktu 8" untuk mengerjakan lembar kerja tersebut
# Setiap siswa dalam satu kelompok menyebar/pindah ke
kelompok lain untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi
yang dipelajari oleh kelompok lain. Siswa diberi kesempatan untuk
berpindah-pindah kelompok selama 10" dan siswa diharapkan dapat menyerap
dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kelompok lain.
# Siswa kembali ke kelompok awal untuk mendiskusikan
informasi yang diperoleh selama 10".
# Kemudian salah satu anggota kelompok berlatih untuk
memasukkan data ke komputer dengan menggunakan program inspiration selama
20". Setelah itu siswa akan mebuat peta konsep di komputer dan kelompok
lain akan memasukkan informasi ke chart yang telah disediakan. Pada tahap ini
siswa diberikan waktu selama 20" untuk menyelesaikan tugasnya
# Pada 5" terakhir guru akan memberikan penguatan
dari tugas yang harus dikerjakan siswa di rumah






0 komentar:
Posting Komentar