Minggu, 18 Maret 2012

Manfaat ASI




Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang paling cocok bagi bayi serta mempunyai nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan makanan-makanan bayi yang dibuat oleh manusia serta susu hewan, seperti susu sapi, susu kerbau dan sebagainya. Pemanfaatan ASI sangat menguntungkan ditinjau dari berbagai segi, baik dari segi gizi, kesehatan, ekonomi, maupun sosio-psikolog.

Tujuan pemberian ASI kepada bayi dan anak yaitu untuk memberikan makanan terbaik kepada bayi dan anak yang dilahirkan, karena ASI mempunyai nilai gizi sangat tinggi dan mengandung zat kekebalan terhadap penyakit. Di samping itu, dengan pemberian ASI dapat menjalin kasih sayang yang erat sekali antara ibu dan anaknya, baik fisik maupun mentalnya secara baik.

Bagaimana kadar gizi dalam ASI?, ASI yang dikeluarkan pada hari-hari pertama setelah bayi dilahirkan disebut Susu Awal (kolostrum). Kolostrum yang berwarna kekuning-kuningan dan agak kental merupakan makanan bayi yang sangat baik karena mengandung zat gizi yang tinggi dan zat kekebalan terhadap penyakit infeksi yang sangat tinggi.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More