Contoh Soal Uji Kompetensi Guru Seni Budaya
1. Pendidikan seni multi kultural pada dasarnya diberikan
kepada anak didik dalam usaha membantu mengatasi ………
a. masalah perbedaan sosial budaya
b. masalah selera seni
c. masalah kulrikulum sekolah
d. masalah apresiasi
2. Memberikan kebebasan siswa untuk berapresiasi dan
berkreasi seni berdasar seni budayanya sendiri termasuk model pembelajaran
inovatif yang berhubungan dengan ……………..
a. model pengenalan c. model perombakan
b. model pengamalan d. model campuran
3. Ketika guru mengajak menganalisis kondisi lingkungan
siswa, guru tersebut akan menerapkan model pembelajaran ………….
a. pengamalan
c. perombakan
b. pengenalan
d. penjelajahan
4. Mengenalkan seni yang dimiliki berbagai daerah kepada
siswa, berarti seorang guru menerapkan model pembelajaran …..
a. Perombakan
c. Pengalaman
b. Pengenalan
d. Perompakan
5. Kadang siswa merasa terlecehkan jika berkesenian
menggunakan seni budayanya sendiri dalam pembelajaran di kelas. Hal ini karena
guru tidak menerapkan model pembelajaran inovatif yang berhubungan dengan model
pembelajaran ……..
a. analisis sintesis c. perombakan
b. pengamalan
d. Pengenalan
6. Demokratisasi dalam pembelajaran kesenian dengan siswa
diberikan kebebasan dalam berkesenian menggunakan bahan dan alat sendiri sesuai
kondisi sosial budaya yang dianut siswa, termasuk mengikuti model
pembelajaran……..
a. Pengembaraan
c. Perombakan
b. Pengenalan
d. Variasi
7. Kondisi yang tepat dalam menerapkan model pembelajaran
inovatif pengamalan, jika kondisi kelas siswanya …………
a. hiterogen c.
hortikultura
b. homogen d.
multi homogen
8. Kadang-kadang guru dalam mengajarkan kesenian
menerapkan model pembelajaran perombakan. Pengertian perombakan di sini adalah
……
a. menerapkan semangat demokratisasi dalam berkesenian
b. mengekang demokratisasi
c. seni yang sudah ada dirombak
d. membuat sensasi
9. Suatu pembelajaran yang memberikan apresiasi seni dari
berbagai daerah dan etnis tertentu kepada anak didik, tidak mesti disukai
setiap siswa. jika demikian berarti guru belum berhasil dalam menerapkan model
pembelajaran ……..
a. Pengamalan
c. Perombakan
b. Pengenalan
d. Pengubahan
10. Pendidikan seni multi kultural mempunyai misi
pendidikan……
a. martabat seni
c. murni
b. nilai
d. apresiasi
11. Dalam pendidikan seni budaya ada beberapa pendekatan
yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran kecuali. :
a. Pembelajaran seni melalui pendekatan ekspresi bebas
b. Pembelajaran seni melalui pendekatan diseiplin
c. Pembelajaran seni melalui pendekatan multikultural
d. Pembelajaran seni melalui pendekatan multidimensional
12. Metode pengajaran menggambar yang mengutamakan anak
untuk terampil menggambar lambat laun dianggap tidak layak untuk dilakukan. Hal
ini dipicu oleh beberapa faktor, kecuali :
a. Temuan berbagai studi tentang anak
b. Pengaruh pandangan Freud
c. Terjadinya gerakan pembaharuan dalam seni rupa
d. Kelompok yang menentang
13. Kurikulum yang tidak dirancang sebelumnya tetapi
berkembang sesuai keinginan anak disebut :
a. emerging curriculum c. horisontal curricullum
b. vertical curricullum d. ekspress curriculum
14. Dua tokoh seni yang mendukung konsep pendekatan
ekspresi bebas adalah :
a. Viktor Lowenfeld dan Herbert Read
b. Viktor Lowenfeld dan Eisner
c. Viktor Lowenfeld dan Freud
d. Herbert Read dan Eisner
15. Konsep pendidikan seni yang memberikan kesempatan
kepada anak untuk mengekspresikan emosinya adalah penting, tetapi juga tidak
boleh mengabaikan kegiatan mempalajari ilmunya, disebut pendekatan:
a. Pendidikan ekspresi bebas
b. Pendidikan displin
c. Pendidikan multikultural
d. semuanya benar
16. Ada beberapa faktor yang melatar belakangi lahirnya
pendekatan multikultural, diantaranya adalah :
a. Ketidakadilan dalam Masyarakat
b. Kebutuhan akan Identitas Diri
c. Keadaan Demografis yang Berubah
d. Semua benar
17. Ada tiga model dalam pembelajaran multikultural yaitu
:
a. Model pengenalan, pengamalan, perombakan
b. Model pengenalan, penjiplakan, perombakan
c. Model pengenalan, observasi, perombakan
d. Semua salah
18. Cara untuk memperluas wawasan murid agar dapat
memahami orang lain dan karya seni yang diciptakannya disebut :
a. Model perombakan
b. Model pengamalan
c. Model pengenalan
d. Model penjiplakan
19. Pembelajaran multikultural adalah model pembelajaran
yang menekankan pada :
a. budaya
b. seni
c. seni budaya daerah lain
d. seni budaya daerah sendiri
20. Pendekatan ekspresi bebas adalah pendekatan :
a. ekspresi sebebas-bebasnya
b. ekspresi bebas tapi terikat
c. ekspresi bebas dengan panduan
d. ekspresi bebas dengan syarat
1. Jelaskan
hakekat pendidikan seni di sekolah!
2. Mengapa
pengembangan sensitivitas estetik penting sebagai bekal berapresiasi seni rupa?
3. Sebutkan
beberapa bentuk pembelajaran apresiasi seni rupa sesuai dengan kurikulum yang
berlaku sekarang!
4. Berikan
contoh agar pembelajaran apresiasi seni rupa di sekolah dapat berhasil!
5. Dengan cara
apa pengembangan kepekaan estetik siswa dapat dilaksanakan?
6. Mengapa
tahapan deskripsi merupakan tahapan yang penting dalam mengapresiasi karya
seni?
7. Dilihat dari
bentuknya ada berapa jenis karya seni rupa? Berikan masing-masing contohnya!
8. Dilihat dari
fungsinya seni rupa dapat dibedakan menjadi berapa? Berikan masing-masing
contohnya!
9. Sebutkan
beberapa contoh kegiatan apresiasi dalam pembelajaran seni rupa!
10. Jelaskan mengapa
kegiatan apresiasi seni lebih baik ditindaklanjuti dengan penulisan hasil
apresiasi?
11. Pengalaman
estetik apa yang diperoleh siswa dalam menyelenggarakan kegiatan pameran?
12. Persiapan apa
yang harus dilakukan oleh guru dalam mengajarkan apresiasi seni rupa kepada
siswanya?
13. Jelaskan
fungsi dan tujuan pendidikan seni di sekolah!
14. Mengapa
kebutuhan berekspresi dan berkreasi pada anak sangat penting untuk dipenuhi
dalam pendidikan seni?
15. Sebutkan
beberapa pembelajaran praktik seni rupa yang memberikan peluang sebagai sarana
berekspresi!
16. Berikan
contoh-contoh karya-karya seni rupa nusantara yang memiliki keunikan dalam hal
gagasan, bentuk, dan tekniknya!
17. Jelaskan
fungsi akor dalam posisi terbuka dan akor dalam posisi tertutup!
18. Jelaskan jarak
antara masing masing jenis suara!
19. Jelaskan
dengan singkat bagaimanakah konsep dasar ekspresi bebas?
20. Jelaskan
dengan singkat bagaimanakah penerapan pendekatan ekspresi bebas dalam
pembelajaran seni tari?
21. Jelaskan
dengan singkat bagaimanakah konsep pendidikan seni berbasis disiplin?
22. Bagaimanakah
perbedaan antara pendekatan ekspresi bebas dengan pendekatan disiplin !
23. Jelaskan
dengan singkat bagaimanakah konsep dasar pendekatan multikultural ?
0 komentar:
Posting Komentar