Kamis, 03 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Indonesia bagian 8




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : ...
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
  tubuh, dan deklamasi
Kompetensi Dasar      : 2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang
        tepat dan bahasa yang santun
  2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
Indikator                     :  Terampil menyapa orang lain
                                       Terampil mendeskripsikan benda-benda di sekitar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.   Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa terampil menyapa orang lain dengan bahasa yang santun
2.    Siswa terampil mendeskripsikan benda-benda di sekitar
B.   Materi Pembelajaran:
Kalimat sapaan; gambar
C.   Metode Pembelajaran:
Ceramah; penugasan
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
  Guru bercerita tentang sopan santun, siswa mengamati gambar
  Bertanya ajwab tentang tata krama dalam keluarga
Kegiatan INTI
  Siswa mengamati gambar sambil mendengarkan cerita guru
v     Siswa menjawab pertanyaan tentang isi cerita/gambar secara lisan
v      Siswa mengamati gambar buah-buahan kemudian menyebutkan nama-nama buah tersebut
v      Menebak/menjawab deskripsi guru
v  Siswa mendeskripsikan sesuatu, siswa lain menebak
Kegiatan AKHIR
v        Menyimpulkan isi cerita
              E.    Sumber Pembelajaran:
v                Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.25-27, Erlangga
v               Sumber lain yang relevan
              F.    Penilaian:
v     Proses (selama PBM berlangsung)
       Lisan atau Unjuk Kerja/perbuatan


Mengetahui:                                       
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More