Kamis, 03 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Indonesia bagian 15



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
Kompetensi Dasar      : 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
                                   
  1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya
Indikator                      :  Menirukan bunyi/suara tertentu
                                       Memerankan tokoh dalam dongeng
Alokasi Waktu             :      menit
A.   Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa dapat membedakan bunyi tertentu yang diperdengarkan
2.    Siswa dapat memerankan tokoh dalam dongeng
B.   Materi Pembelajaran:
Berbagai jenis suara/bunyi; dongeng
C.   Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan; bermain peran
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v  Guru mengawali pelajaran dengan mengetuk sesuatu tanpa dilihat siswa untuk ditebak (bunyi apakah itu?)
Kegiatan INTI
  Guru/siswa menirukan suara hewan yang ada pada gambar, siswa lain menulis nomor sesuai suara yang ditirukan (hlm.60)
  Siswa, secara kelompok/individual melengkapi tabel sesuai perintah/pertanyaan
  Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan/diperdengarkan (dongeng di hlm.144)
  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi dongeng
  Siswa memerankan tokoh yang ada dalam dongeng
Kegiatan AKHIR
  Guru dan siswa isi dongeng (amanat/pesan, nilai-nilai moral yang perlu ditiru/tidak perlu ditiru)
E.    Sumber Pembelajaran:
  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.60-62 dan 144, Erlangga
  Sumber lain yang relevan
F.    Penilaian:
  Proses (selama PBM berlangsung)
  Lisan
  Tertulis
  Unjuk Kerja/Perbuatan


Mengetahui:                                       
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More