Kamis, 03 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Indonesia bagian 18



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,

  melengkapi, dan menyalin
Kompetensi Dasar      : 4.2 Menebalkan berbagai bentuk huruf
                                      4.3 Mencontoh kalimat sederhana
                                      4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai gambar
Indikator                      :  Membentuk kata sesuai gambar
                                       Menebalkan/menyalin kalimat
                                       Melengkapi kalimat berdasarkan gambar
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.   Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa dapat menulis kata, kalimat, dan cerita berdasarkan gambar
B.   Materi Pembelajaran:
Kata; kalimat; gambar
C.   Metode Pembelajaran:
Ceramah; tanya jawab; penugasan
D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
  Guru menceritakan pengalamannya atau meminta siswa membagi pengalaman singkatnya tentang berbelanja (titik berat pada alat-alat permainan/alat sekolah)
Kegiatan INTI
  Siswa menulis nama benda pada gambar secara berpasangan atau individual
  Secara individual, siswa menebalkan huruf
  Menyaling kalimat yang tersedia dengan rapi
  Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dengan kata yang tepat
  Melengkapi cerita berdasarkan gambar
  Secara berpasangan, siswa mengisi teka-teki silang
Kegiatan AKHIR
  Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
  Siswa mengerjakan soal latihan
E.    Sumber Pembelajaran:
  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h. 69-73, Erlangga
  Sumber lain yang relevan
F.    Penilaian:
  Proses (selama PBM berlangsung)
  Tertulis


Mengetahui:                                       
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                               _______________


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More