Pengertian
Struktur Pasar
Struktur
Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar
berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya
perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri
dan peranan iklan
dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan
menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang
meliputi monopoli, oligopoli, monopolistik dan monopsoni).
A. Pasar
Persaingan Sempurna
Pengertian
pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan
dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/
tidak terbatas.
Ciri-ciri
pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
a. Jumlah
perusahaan dalam pasar sangat banyak.
b.
Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
c. Konsumen
memahami sepenuhnya keadaan pasar.
d. Tidak ada
hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
e. Pemerintah
tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
f. Penjual
atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
Jenis pasar
persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan
memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.
Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan
lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
- Jumlah
penjual dan pembeli banyak
- Barang yang
dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
- Penjual
bersifat pengambil harga (price taker)
- Harga
ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi
tawar konsumen kuat
- Sulit
memperoleh keuntungan di atas rata-rata
- Sensitif
terhadap perubahan harga
- Mudah untuk
masuk dan keluar dari pasar
B. Pasar Persaingan
tidak Sempurna
Apakah masih
ada yang perlu kita pahami lebih mendalam dari bahasan di atas? Jika tidak,
saya akan mencoba lanjutkan pembahasan yang berhubungan dengan pasar persaingan
tidak sempurna, di mana pada pasar persaingan tidak sempurna akan kita bagi
pembahasannya ke dalam bahasan pasar monopoli, pasar oligopoli, pasar duopoli,
pasar monopolistik dan monopsoni.
1. Pasar
Monopoli
Arti dari
pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di
mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau
konsumen.
Ciri-ciri
dari pasar monopoli adalah:
1) hanya ada
satu produsen yang menguasai penawaran;
2) tidak ada
barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
3) produsen
memiliki kekuatan menentukan harga; dan
4) tidak ada
pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa
keunggulan perusahaan.
Anda tentu
bertanya mengapa terjadi pasar monopoli. Ada beberapa penyebab terjadinya pasar
monopoli, di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:
1)
Ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan
pemerintah, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan seperti
PT. Pos dan Giro, PT. PLN.
2) Hasil
pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain,
sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat untuk selalu menggunakan
produk tersebut.
3) Hasil
cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan untuk
diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak cipta.
4) Sumber
daya alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk hanya dikuasai
oleh satu daerah tertentu seperti timah dari pulau Bangka.
5) Modal yang
besar, berarti mendukung suatu perusahaan untuk lebih mengembangkan dan
penguasaan terhadap suatu bidang usaha.
“Coba kita
perhatikan apakah di daerah Anda terdapat perusahaan yang memiliki keadaan
seperti yang disebutkan di atas?”
Penjual
monopoli belum tentu mendapatkan keuntungan yang besar, karena mungkin saja
struktur biaya produksinya berada di atas harga pasar yang terbentuk. Seperti
kita ketahui pada pasar ini, penjual monopoli memiliki kemampuan untuk
menentukan/ merubah harga. Namun demikian tetap saja memiliki keterbatasan
dalam penetapan harga, karena kalau terlalu mahal maka orang akan mencari
alternatif barang lain.
Apakah Anda
sudah memahami penjelasan perolehan laba maksimum di pasar monopoli? Jika belum
coba Anda diskusikan dengan Guru Bina dan jika telah memahami, Anda bisa
melanjutkan pada bahasan berikutnya.
Pasar
monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu
produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik
negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat
pasar monopoli :
• Hanya
terdapat satu penjual atau produsen
• Harga dan
jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
• Umumnya
monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
• Sangat
sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber
daya yang sulit didapat
• Hanya ada
satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
• Tidak butuh
strategi dan promosi untuk sukses
Tambahan :
• Monopsoni
adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja
yang membeli produk yang dihasilkan.
• Monopoli
adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan
undang-undang anti monopoli.
2. Pasar
Oligopoli
Arti dari
pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana
terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
0 komentar:
Posting Komentar