Rabu, 18 April 2012

Macam Macam bisnis di Internet




Janis-jenis bisnis di Internet

Karena bisnis Internet itu sangat banyak jenisnya, kita harus menentukan jenis bisnis yang ingin dibangun. Pilihlah bisnis Internet yang kita sukai dan yakin bisa mengembangkannya.

Ada banyak jenis bisnis di Internet yang bisa kita pilih yang tentu saja disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki, yaitu sebagai berikut:



1. Menjual Produk atau Informasi

Menjual produk, pelayanan atau informasi adalah cara tepat untuk memulai bisnis di Internet. Konsumen akan membayar produk atau informasi yang kita tawarkan, seperti handycraft, barang elektronik dan sebagainya. Di samping itu, kita juga bisa menawarkan barang-barang sesuai pesanan tanpa melalui perantara. Tentu saja sebagai produsen kita bisa menjangkau pembeli secara langsung, termasuk dalam menentukan harga. Bahkan, kita pun bisa menunjuk afiliasi dan memberi komisi untuk produk yang berhasil mereka jual.


2. inti bisnis ini adalah bagaimana membuat situs yang menarik banyak pengunjung baru dan mempertahankan tingkat return pengunjung yang tinggi. Situs web pun harus memberikan isi (biasanya gratis) dan pelayanan (seperti e-mail, chat, forum). Isi situsnya pun beragam, bisa mulai dari gosip selebritis, olahraga hingga otomotif; tergantung tema yang dipilih. Para pemasang iklan akan membayar lokasi banner yang kita tawarkan dengan ukuran dan harga bervariasi. Bila Anda malas mencari pemasang iklan di sinus, masih ada cara lain yang bisa ditawarkan, yaitu menjadi broker iklan online. Dimana kita harus menyediakan situs yang banyak dikunjungi, dan menyediakan tempat untuk iklan online milik perusahaan terkenal, seperti google maupun yahoo. Untuk setiap iklan yang muncul di situs kita dan diklik, maka kita pun akan mendapatkan uang dari sana. Sekali lagi, jika Anda tertarik dengan model bisnis ini, maka pastikan bahwa kita mampu menjaring pemasang iklan potensial, sehingga bisa menjangkau pasar dengan tepat.


3. Menjual Jasa Konsultasi

Model bisnis yang bisa digunakan di sini adalah dengan sistem membership (bebas bertanya) atau membayar per pertanyaan. Hal pertama yang harus diperhatikan bila tertarik model bisnis ini adalah mengetahui apa yang menjadi keahlian kita. Selanjutnya, dapatkan kepercayaan dan nama baik. Atas dasar kepercayaan dari pelanggan dan nama baik kita sebagai si penjual jasalah bisnis ini berjalan. Kita bisa menawarkan lasa konsultasi, seperti kesehatan, desain rumah, hukum, rumah tangga dan sebagainya, tentu saja yang sesuai dengan keahlian yang kita miliki. Untuk mengukur seberapa besar keahlian tersebut, terlebih dulu buatlah artikel-artikel tentang bidang yang kita tawarkan. Alangkah baiknya jika penghargaan yang pernah kita dapatkan atas keahlian tersebut, ikut pula dicantumkan ke dalam situs. Sehingga akan semakin menambah nilai jual situs yang kita kelola tersebut.


4. Menyediakan jasa Pelelangan

Bisnis Internet tidak hanya menjual produk atau jasa, tapi kita juga bisa menyediakan jasa pelanggan, contoh sukesnya eBay. Kita menyediakan wadah pelelangan bagi siapa saja yang tertarik untuk menjual dan membeli barang bekas, baru ataupun langka.


5. Menjual e-Book

e-Book adalah buku elektronik. Bila Anda penulis, peluang bisnis ini bisa dilirik. Sebagai langkah awal, cari tahu bagaimana menjadi seorang penulis eBook profesional. Tentukan sasaran pasarnya, apakah lokal atau Internasional? Tentukan pula sasaran yang lebih spesifik, misalnya anak-anak, remaja, orang tua dan lain sebagainya. Selanjutnya, cari tahu kira-kira topik apa saja yang diminati oleh pembaca eBook? Lalu bagaimana jika Anda yang bukan penulis? Tenang, Anda punya kesempatan menjadi reseller yang fee nya berupa komisi dari eBook yang berhasil Anda jual. Biasanya, sebelum menjadi reseller kita harus membeli produk terlebih dulu.


6. Membangun Situs Forum

Tahukah Anda bahwa forum bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan? Untuk model bisnis ini kita harus memiliki member. Dimana member tersebut harus membayar sejumlah uang. Setelah mereka membayar barulah diizinkan untuk memposting atau terlibat dalam pembicaraan. Sebelum terjun ke dalam model bisnis ini, kita harus memperhatikan masalah biaya keanggotaan, sehingga tidak membuat orang berpikir dua kali untuk mendaftar sebagai member. Selain itu pertimbangkan pula kira-kira informasi apa saja yang akan diberikan kepada calon member yang potensial. Setelah itu barulah kita bangun situs forum tersebut. jika member yang mendaftar cukup banyak, melalui forum yang kin bangun ini, kita akan memperoleh penghasilan yang lumayan. Sekarang ini sudah banyak situs penyedia aplikasi forum,


7. Menjual Game

Ada banyak sekali peluang bisnis yang dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok dalam industri game. Kita dapat menjadi reseller game, artinya menjual game dari produsennya. Atau kitapun bisa menjadi programer game, menjual cheat (kode-kode rahasia) dalam sebuah game, rnaupun membuat situs yang mengulas seputar game terbaru.


8. Menjadi Jutawan Dari Mailing List

Hampir semua layanan yang berjalan di Internet bertujuan untuk membentuk komunitas, seperti e-mail gratis, layanan chating, forum diskusi, dan mailing list. inilah peluang bisnis yang patut diperhitungkan. Apalagi belakangan ini banyak layanan hosting yang menyediakan layanan mailing list secara komersial (penawaran barang dan jasa). Sebelum membangun model bisnis ini, tentukan terlebih dulu apakah mailing list akan kita gunakan sebagai alat bantu untuk membuat member berkunjung ke situs? Atau membuat mailing list tanpa terkait sebuah situs? Lalu apakah akan menggunakan layanan mailing list yang berbayar atau gratisan? Setelah mailing list terbentuk, barulah mempromosikannya dan mengajak pengunjung untuk bergabung menjadi member mailing list kita tadi. Alangkah baiknya mengangkat topik yang diminati banyak orang. Dengan begitu mailing list akan terus berjalan dengan traffic message yang cukup banyak per harinya. Kalau sudah begini tentu saja akan memudahkan kita mendapatkan pengiklan, bukan?


  • Ingin tau apa kata Zodiak dan Shio tentang kamu...?? Yuk klik disini

  • CARI TAU YUK ARTI MIMPI KAMU SEMALAM..?? klik Arti Mimpi

    Artikel Lainnya

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More