Rabu, 18 April 2012

Luas Hutan Di indonesia




Luas Hutan Di indonesia

Luas Hutan Di Indonesia
Hutan di Indonesia adalah sangat luas yaitu mencapai hampir 66% luas daratan Indonesia (data Tahun 1991). Dengan demikian kegiatan pengurusan hutan mempunyai pengaruh dan dampak yang besar terhadap pengelolaan sumber daya air.

Penggundulan Hutan
Dari Tahun 1991, periode reformasi sampai saat ini telah terjadi penggundulan yang luar biasa, pencurian pohn di Jawa Tengah yang meningkat tajam sjak 1998 dan menurun tahun 2000 setelah pohonnya berkurang atau habis.

Dua contoh lokasi terjadi peuggundulan hutan (pencurian kayu) di Jambi (P. Sumatra) dan Jawa Tengah (P. jawa) tersebut, menunjukkan bahwa akibat adanya perubahan politik Tahun 1998 yang disebut perubahan ke era reformasi teenyata menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap kondisi hutan (alam). Saat itu orang babas berekspresi, bebas melakukan apa saja termasuk penjarahan hutan yang luar biasa.

Dampak nyata daripencurian kayu (pengundulan hutan) di Jama Tengah terutama terjadi di Perum Perhutani Unit 1 Jateng. Seperti telah diuraikan dalam Sub-Bab 2.2.1, Gambar 2-2 dan Tabel 2-1. Dari data bencana banjir Tahun 2000 dan data Tahun 2003, bencana banjir Kudus naik dari rangking 2 ke rangking 1.

Dari uraian tersebut perlu dilakukan kajian data kahutanan yang sesungguhnya saat ini (existing), dibandingkan dengan data Tahun 1991. Data Tahun 1991 dan data saat ini penting untuk penataan ruang dan pebggelolahan sumber daya air.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More