Proses
pemasaran itu dimulai sejak sebelum barang-barang diproduksi dan tidak berakhir
dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat juga memberikan
kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus dengan
demikian konsumen
mempunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan.
Definisi yang
paling luas yang dapat menerangkan secara jelas arti pemasaran dikemukakan oleh
(Stanton 1978 dalam Dharmmesta dan Irawan ; 1990 : 10) dijelaskan sebagai berikut:
“ Pemasaran
adalah usaha sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada
maupun pembeli potensial ”.
Pemasaran
adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2002:9).
Pemasaran
adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada
maupuin pembeli potensial (Dharmesta, 2000:4).
Pemasaran
adalah sistem kelas keseluruhan dari kegiatan bisnis atau yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial (Swastha et. al., 2000).
Menurut
Philip Kotler dan Gary Amstrong (1995:7) “pemasaran adalah proses sosial dan
manajerial yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dalam memperoleh
kebutuhan dan keinginan mereka dengan cara menciptakan, menawarkan, dan
mempertukarkan produk maupun nilai dengan pihak lain“.
The American
Marketing Assosiation (AMA) dalam Ricky W. Griffin dan Ronald J Ebert
(1993:413) mengemukakan bahwa “pemasaran adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan konsep harga, promosi dan saluran distribusi serta pertukaran
produk serta pelayanan yang bertujuan untuk memuaskan individu maupun kelompok
konsumen”.
Sedangkan
menurut William dan J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:10)
“pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang serta jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli aktual maupun
pembeli potensial”.
Dari definisi
di atas dapatlah diterangkan bahwa arti pemasaran adalah jauh lebih luas
daripada arti penjualan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai
dengan mengidentifikasi kebutuhan konsuman yang perlu dipuaskan, menentukan
produk yang hendak diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai, menentukan
cara-cara promosi dan penyaluran atau penjualan produk tersebut. Jadi, kegiatan
pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan sebagai suatu
sistem.
0 komentar:
Posting Komentar