Senin, 09 April 2012

Beberapa Pengertian Pemasaran



Proses pemasaran itu dimulai sejak sebelum barang-barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus dengan demikian konsumen
mempunyai pandangan yang baik terhadap perusahaan.

Definisi yang paling luas yang dapat menerangkan secara jelas arti pemasaran dikemukakan oleh (Stanton 1978 dalam Dharmmesta dan Irawan ; 1990 : 10) dijelaskan sebagai berikut:

“ Pemasaran adalah usaha sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial ”.

Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2002:9).

Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupuin pembeli potensial (Dharmesta, 2000:4).

Pemasaran adalah sistem kelas keseluruhan dari kegiatan bisnis atau yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Swastha et. al., 2000).

Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong (1995:7) “pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dalam memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan cara menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk maupun nilai dengan pihak lain“.

The American Marketing Assosiation (AMA) dalam Ricky W. Griffin dan Ronald J Ebert (1993:413) mengemukakan bahwa “pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep harga, promosi dan saluran distribusi serta pertukaran produk serta pelayanan yang bertujuan untuk memuaskan individu maupun kelompok konsumen”.

Sedangkan menurut William dan J. Stanton dalam Basu Swasta dan Irawan (1990:10) “pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang serta jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli aktual maupun pembeli potensial”.

Dari definisi di atas dapatlah diterangkan bahwa arti pemasaran adalah jauh lebih luas daripada arti penjualan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan konsuman yang perlu dipuaskan, menentukan produk yang hendak diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai, menentukan cara-cara promosi dan penyaluran atau penjualan produk tersebut. Jadi, kegiatan pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan sebagai suatu sistem.


  • Ramalan Hari Ini
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More